Jumat, 22 November 2013

3. MEMAKAI MUKENAH YANG BENAR



JAWABAN
Memakai Mukenah

Pertanyaan:
Bagaimana caranya memakai mukenah yang benar?

Dalam Kitab Syarah Safinah halaman 126 diterangkan:
(وَعَوْرَةُ الْحُرَّةِ فِي الصَّلَاةِ جَمِيْعُ بَدَنِهَا مَا سِوَى الْوَجْهِ وَالْكَفَّيْنِ) أَيْ ظَهْرًا وَبَطْنًا إِلَى الْكُوْعَيْنِ فَلَا يَجِبُ سَتْرُهُمَا وَدَخَلَ فِيْمَا سِوَاهُمَا اَلشَّعَرُ، وَكَذَا بَاطِنُ الْقَدَمِ فَيَجِبُ سَتْرُهُ
Aurat perempuan didalam sholat ialah seluruh badannya selain wajah  dan kedua tapak tangan luar dan dalam, sampai ke dua pergelangan, dua pergelangan tsb tidak wajib menutupnya. Masuk aurat ialah rambut dan tapak kaki bagian dalam, maka wajib menutupnya.
 
Dalam Qurratul ‘Ain Bi Fatawa Syeikh Ismail Zein halaman 59 disebutkan:
وَقَدْ وَقَعَ كَثِيْرًا اِنْكِشَافُ مَا تَحْتَ الذَّقَنِ مِنْ بَدَنِ الْمَرْأَةِ حَالَ صَلَاتِهَا وَطَوَافِهَا فَهَلْ تُعْذَرُ فِيْ ذَلِكَ لِكَوْنِهِ مِنْ أَسْفَلَ أَمْ يَضُرُّ ذَلِكَ أَفْتُوْنَا رَحِمَكُمُ اللهُ فَالْمَسْأَلَةُ وَاقِعَةُ حَالٍ فَأَقُوْلُ وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ :اِنْكِشَافُ مَا تَحْتَ الذَّقَنِ مِنْ بَدَنِ الْمَرْأَةِ فِيْ حَالِ الصَّلَاةِ وَالطَّوَافِ يَضُرُّ فَيَكُوْنُ مُبْطِلًا لِلصَّلَاةِ وَالطَّوَافِ
……terbukanya juz/bagian dibawah dagu dari badan perempuan ketika sholat dan ketika thowaf membatalkan sholat dan thowaf.

Dalam Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman  51 disebutkan:
قَالَ فِيْ حَاشِيَةِ الْكُرْدِيِّ وَفِي الْإِمْدَادِ: وَيَتَرَدَّدُ النَّظَرُ فِيْ رُؤْيَةِ ذِرَاعِ الْمَرْأَةِ مِنْ كُمِّهَا مَعَ إِرْسَالِ يَدِهَا، اِسْتَقْرَبَ فِي الْإِيْعَابِ عَدَمَ الضَّرَرِ، بِخِلَافِ مَا لَوْ اِرْتَفَعَتِ الْيَدُ
….tidak apa-apa lengan terlihat dari lengan baju ketika berdiri, berbeda terlihatnya
.ketika tangan terangkat
Dalam Kitab Subulussalam juz 1 halaman 132:
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "لَا يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةَ حَائِضٍ إِلَّا بِخِمَارٍ ". هُوَ هُنَا مَا يُغَطَّى بِهِ الرَّأْسُ وَالْعُنُقُ رَوَاهُ الْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيَّ وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ.
Dari Aisyah radhiyallaahu ‘anhaa, sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:Allah tidak menerima shalat seorang wanita yang telah haidl, hingga ia mengenakan khimaar”.
Khimaar ialah pakaian yang menutupi kepala dan leher. HR.Imam lima keculai Imam Nasa`i, di shahihkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah.

وَأَنَّهُ قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِذَا كَانَ الدِّرْعُ سَابِغًا يُغَطِّيْ ظُهُوْرَ قَدَمَيْهَا"
“…dan sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaii wasallam bersabda: (Boleh)  kalau baju itu panjang hingga menutup luar kedua tapak kakinya”


Wallaahu A'lam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar