Dalil
Amaliyah Warga NU
bagian ke I
Berisi:
Sholat Tarowih 20 Rakaat
Doa Qunut Shalat Subuh
Tahlilan
Tawassul, istighatsah & Tabarruk
Talqin Mayyit
Membaca Al Quran di
Maqom
Adakah Bid’ah Hasanah?
Disajikan oleh:
Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kab. Pekalongan email: katibpcnupekalongan@yahoo.com web: katibpcnukabupatenpekalongan.blogspot.com pengajianromadlon.blogspot.com |
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Dalil Amaliyah Warga NU
1. SHOLAT TAROWIH 20 RAKAAT
Dalil 11 Rakaat:
Dalam Kitab al Muwaththa, lil Imam Maalik, juz 1 halaman 115 hadits nomor 251:
وَحَدَّثَنِيْ عَنْ
مَالِكٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يُوْسُفَ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ أَنَّهُ قَالَ
: أَمَرَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ أُبَيَّ
بْنَ كَعْبٍ وَتَمِيْمًا الدَّارِيَّ أَنْ يَقُوْمَا لِلنَّاسِ بِإِحْدَى عَشْرَةَ
رَكْعَةً ،قَالَ وَقَدْ كَانَ الْقَارِئُ يَقْرَأُ
بِالْمِئِيْنَ ، حَتَّى كَنَّا نَعْتَمِدُ عَلَى الْعِصِيِّ مِنْ طُوْلِ الْقِيَامِ
، وَمَا كَنَّا نَنْصَرِفُ إِلَّا فِيْ فُرُوْعِ الْفَجْرِ
Telah
menceritakan kepada saya Malik, dari Muhammad bin Yusuf dari Assaa`ib bin Yazid, bahwasanya dia berkata: “ Umar bin
Khoththob telah memerintahkan Ubay bin Ka’ab dan Tamim Ad-Dariy supaya keduanya
mengimami orang-orang dengan melaksanakan sholat 11 rakaat, dia berkata: “ sesungguhnya qari
(imam) membaca (surat-surat) Al Mi’iin (Al Mi`iin adalah
surat-surat yang berjumlah mendekati 100 ayat atau lebih) sampai kami bersandar pada tongkat
kami karena lamanya berdiri. Kami tidak keluar kecuali di ambang fajar”.
Dalil 21
Rakaat:
Dalam Kitab Mushonnaf Abdurrozzaq juz 4 halaman 260, hadits nomor 7730:
Dalam Kitab Mushonnaf Abdurrozzaq juz 4 halaman 260, hadits nomor 7730:
عَبْدُ الرَّزَّاقِ
عَنْ دَاوُدَ بْنِ قَيْسٍ وَغَيْرِهِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يُوْسُفَ عَنِ
السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ أَنَّ عُمَرَ جَمَعَ النَّاسَ فِيْ رَمَضَانَ
عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ وَعَلَى تَمِيْمٍ الدَّارِيِّ عَلَى إِحْدَى وَعِشْرِيْنَ
رَكْعَةً يَقْرَؤُوْنَ بِالْمِئِيْنَ وَيَنْصَرِفُوْنَ عِنْدَ فُرُوْعِ الْفَجْرِ
“Abdurrazaaq, dari Dawud bin Qais dan yang lainnya,
dari Muhammad bin Yusuf,
dari Assaa’ib bin Yazid :
Bahwasannya Umar mengumpulkan orang-orang di bulan Ramadlan yang diimami oleh
Ubay bin Ka’ab dan Tamiim Ad Daari
dengan 21 rakaat. Mereka membaca
(surat-surat) Al Mi’iin (Al Mi`iin adalah surat-surat yang berjumlah mendekati
100 ayat atau lebih) dan mereka pulang di ambang fajar”.
Catatan:
Riwayat yang mahfuzh adalah 21 rakaat, karena ada beberapa mutabi’at (penguat) diantaranya:
1. Dalam kitab Sunan Kubro Lil Baihaqi, juz 2 halaman 496, hadits nomor 4801:
Riwayat yang mahfuzh adalah 21 rakaat, karena ada beberapa mutabi’at (penguat) diantaranya:
1. Dalam kitab Sunan Kubro Lil Baihaqi, juz 2 halaman 496, hadits nomor 4801:
وَقَدْ
أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ : الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْحُسَيْنِ
بْنِ فَنْجُوَيْهِ الدِّيْنَوَرِيُّ بِالدَّامِغَانِ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ السُّنِّيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ
بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ الْبَغَوِيُّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ
أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِيْ ذِئْبٍ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ خُصَيْفَةَ عَنِ
السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ قَالَ : كَانُوْا يَقُوْمُوْنَ عَلَى
عَهْدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ
بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً - قَالَ - وَكَانُوْا يَقْرَءُوْنَ بِالْمِئِيْنَ ،
وَكَانُوْا يَتَوَكَّئُوْنَ عَلَى عِصِيِّهِمْ فِيْ عَهْدِ عُثْمَانَ بْنِ
عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مِنْ شِدَّةِ الْقِيَامِ.
........dari Yazid bin Khushaifah, dari Assaa`ib bin Yazid, ia berkata : “Mereka berdiri
(shalat) di zaman Umar bin Khoththob radliyallaahu ‘anhu di bulan Ramadhan sebanyak 20
rakaat”. Assaa`ib berkata : “Mereka
membaca (surat-surat) Al Mi’iin (Al Mi`iin adalah surat-surat yang berjumlah mendekati 100 ayat
atau lebih. Al Itqaan, 1/173). Mereka bersandar dengan tongkat-tongkat mereka
di zaman Utsman bin Affan radliyallaahu ‘anhu karena beratnya berdiri”.
2.
Dalam Kitab Al Ahaaditsil
Mukhtaarah, lil hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Abdul Wahid Al Maqdisi, juz 3
halaman 367, hadits nomor 1161:
أَخْبَرَنَا
أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مَحْمُوْدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ الثَّقَفِيُّ
بِاَصْبِهَانَ أَنَّ سَعِيْدَ بْنَ أَبِي الرَّجَاءِ الصَّيْرَفِيّ أَخْبَرَهُمْ
قِرَاءَةً عَلَيْهِ أنا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ أَحْمَدَ الْبَقَّالُ أنا عُبَيْدُ
اللهِ بْنُ يَعْقُوْبَ بْنِ إِسْحَاقَ أنا جَدِّيْ إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ
بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ جَمِيْلٍ أنا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيْعٍ أنا الْحَسَنُ بْنُ
مُوْسَى أنا جَعْفَرُ الرَّازِيُّ عَنِ الرَّبِيْعِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ أَبِي
الْعَالِيَةِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ
: " أَنَّ عُمَرَ أَمَرَ أُبَيًّا
أَنْ يُصَلِّيَ بِالنَّاسِ فِيْ رَمَضَانَ ، فَقَالَ: إِنَّ النَّاسَ يَصُوْمُوْنَ
النَّهَارَ وَلَا يُحْسِنُوْنَ أَنْ يَقْرَؤُوا ، فَلَوْ قَرَأْتَ الْقُرْآنَ عَلَيْهِمْ
بِاللَّيْلِ ؟ فَقَالَ : يَا أَمِيْرَ الْمُؤْمِنِيْنَ هَذَا شَيْءٌ لَمْ يَكُنْ فَقَالَ : قَدْ عَلِمْتُ وَلَكِنَّهُ أَحْسَنُ . فَصَلَّى بِهِمْ عِشْرِيْنَ
رَكْعَةً
“......dari Ubay bin Ka’ab, sesungguhnya Umar memerintahkan Ubay
agar mengimami orang-orang di bulan Ramadhan. Beliau (Umar) berkata:
Sesungguhnya orang-orang berpuasa siang hari, mereka tidak pandai membaca (Al
Quran), andai engkau membaca Al Quran untuk mereka pada malam hari.
Ubay berkata: Wahai Amirul Mukminin, ini sesuatu yang belum pernah terjadi.
Umar berkata: Aku mengerti, akan tetapi ini bagus. Ubay mengimami shalat mereka dengan 20 rakaat”.
Ubay berkata: Wahai Amirul Mukminin, ini sesuatu yang belum pernah terjadi.
Umar berkata: Aku mengerti, akan tetapi ini bagus. Ubay mengimami shalat mereka dengan 20 rakaat”.
Bagaimana dengan hadits dalam shahih Bukhari juz 5 halaman 145, hadits
nomor 2013, berikut ini?
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ
قَالَ حَدَّثَنِيْ مَالِكٌ عَنْ سَعِيْدٍ اَلْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ
بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا كَيْفَ
كَانَتْ صَلَاةُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ رَمَضَانَ
فَقَالَتْ مَا كَانَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا فِيْ غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى
عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّيْ أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ
ثُمَّ يُصَلِّيْ أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ
يُصَلِّيْ ثَلَاثًا فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ
قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا يَنَامُ قَلْبِيْ
“…(diriwayatkan) dari Abu Salamah Ibn Abdurrahman bahwa
ia bertanya kepada Aisyah bagaimana shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam di bulan Ramadlan. Aisyah menjawab:” Beliau tidak melebihkan di bulan Ramadhan dan bulan
lainnya atas 11 rakaat” Beliau shalat 4 rakaat; dan jangan ditanyakan tentang
baik dan panjangnya shalat yang beliau lakukan. Kemudian shalat lagi 4 rakaat;
(demikian pula) jangan ditanyakan tentang baik dan panjangnya shalat yang
beliau lakukan. Lalu beliau shalat 3 raka’at. Kemudian saya bertanya: Wahai
Rasulullah apakah anda tidur sebelum shalat witir? Beliau menjawab: Wahai
Aisyah, dua mataku memang tidur, tetapi hatiku tidak tidur.
Hadits tsb dimuhtamilkan shalat witir
Syeikhul Islam Zakariya Al-Anshari dalam kitab
Al-Ghurar Al-Bahiyyah Fii Syarhil Bahjah Al-Wardiyyah 4/146 menerangkan:
وَأَمَّا
خَبَرُ { مَا كَانَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ
رَكْعَةً } فَمَحْمُوْلٌ عَلَى الْوِتْرِ
Adapun hadits “Baik di bulan Ramadlan ataupun bukan bulan
Ramadlan Rasulullah shallaahu ‘alaihi wasallam
melakukan shalat malam tidak
lebih dari sebelas raka’at” adalah dimuhtamilkan untuk shalat witir.
Petunjuk
arah ke shalat witir:
Hadits Shahih Muslim juz 4 halaman 104, hadits 1233:
قَالَ
قُلْتُ يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِيْنَ أَنْبِئِيْنِيِ عَنْ وِتْرِ رَسُوْلِ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كُنَّا نُعِدُّ لَهُ سِوَاكَهُ وَطَهُوْرَهُ
فَيَبْعَثُهُ اللهُ مَا شَاءَ أَنْ يَبْعَثَهُ مِنَ اللَّيْلِ فَيَتَسَوَّكُ
وَيَتَوَضَّأُ وَيُصَلِّيْ تِسْعَ رَكَعَاتٍ لَا يَجْلِسُ فِيْهَا إِلَّا فِي
الثَّامِنَةِ فَيَذْكُرُ اللهَ وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوْهُ ثُمَّ يَنْهَضُ وَلَا
يُسَلِّمُ ثُمَّ يَقُوْمُ فَيُصَلِّيْ التَّاسِعَةَ ثُمَّ يَقْعُدُ فَيَذْكُرُ
اللهَ وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوْهُ ثُمَّ يُسَلِّمُ تَسْلِيْمًا يُسْمِعُنَا ثُمَّ
يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ مَا يُسَلِّمُ وَهُوَ قَاعِدٌ وَتِلْكَ إِحْدَى
عَشْرَةَ رَكْعَةً
........(Sa'ad) berkata ; Wahai Ummul
mukminin, beritahukanlah kepadaku tentang witir Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam. Jawabnya; Kami mempersiapkan
siwak dan bersucinya, setelah itu Allah membangunkannya sekehendakNya untuk
bangun malam. Beliau lalu bersiwak & berwudhu` dan shalat sembilan rakaat.
Beliau tidak duduk dalam kesembilan rakaat itu selain pada rakaat kedelapan,
beliau menyebut nama Allah, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya, kemudian beliau
bangkit, beliau tidak mengucapkan salam.
Setelah itu beliau berdiri dan shalat untuk rakaat ke sembilannya. Kemudian
beliau berdzikir kepada Allah, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya, lalu beliau
mengucapkan salam dengan nyaring agar kami mendengarnya. Setelah itu beliau
shalat dua rakaat setelah salam sambil duduk, itulah sebelas rakaat.
Dan dalam shahih Muslim juz 3 halaman 86 hadits nomor
792:
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ
شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
كَانَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيْ صَلَاتَهُ مِنَ اللَّيْلِ
كُلَّهَا وَأَنَا مُعْتَرِضَةٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ فَإِذَا أَرَادَ
أَنْ يُوْتِرَ أَيْقَظَنِيْ فَأَوْتَرْتُ
...dari Aisyah, ia berkata:
Nabi Shallallahu alaihi wassalam mengerjakan shalat di waktu malam sedang saya tidur melintang diantara beliau dan qiblat. Setelah beliau hendak mengerjakan witir, saya dibangunkannya dan saya turut mengerjakan witir.
Nabi Shallallahu alaihi wassalam mengerjakan shalat di waktu malam sedang saya tidur melintang diantara beliau dan qiblat. Setelah beliau hendak mengerjakan witir, saya dibangunkannya dan saya turut mengerjakan witir.
2. DOA QUNUT SHUBUH
Sunan Kubra, Imam Baihaqi, juz 2 halaman 201, hadits nomor 3230:
وَأَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا بَكْرُ
بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّيْرَفِىُّ بِمَرْوٍ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ
عِيْسَى حَدَّثَنَا أَبُوْ نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ الرَّازِىُّ عَنِ
الرَّبِيْعِ بْنِ أَنَسٍ قَالَ : كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ أَنَسٍ فَقِيْلَ لَهُ
إِنَّمَا قَنَتَ رَسُوْلُ اللهِ -
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - شَهْرًا. فَقَالَ :
مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَقْنُتُ فِىْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ
الدُّنْيَا. قَالَ
أَبُوْ عَبْدِ اللهِ : هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيْحٌ سَنَدُهُ ثِقَةٌ رُوَاتُهُ
…..(diriwayatkan) dari Ar Rabi’ bin Anas, beliau
berkata: Aku duduk disisi Anas, maka dikatakan kepada beliau: Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam qunut hanya satu bulan. Maka beliau berkata: Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wasallam selalu qunut didalam shalat ghadaat (shubuh)
hingga beliau meninggalkan dunia.
Abu Abdillah berkata: Ini isnad, sanadnya shahih, rawi-rawinya terpercaya.”
Abu Abdillah berkata: Ini isnad, sanadnya shahih, rawi-rawinya terpercaya.”
Bagaimana dengan hadits dalam Sunan Ibn Majah juz 1 halaman 393, hadits nomor 1241?
حَدَّثَنَا
أَبُوْ بَكْرِ بْنِ أَبِيْ شَيْبَةَ . حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ إِدْرِيْسَ وَحَفْصُ
بْنُ غِيَاثٍ وَيَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ عَنْ أَبِيْ مَالِكٍ اَلْأَشَجَعِيِّ سَعْدِ
بْنِ طَارِقٍ قَالَ قُلْتُ لِأَبِي يَا أَبَتِ إِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَلْفَ
رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ
وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ هَاهُنَا بِالْكُوْفَةِ نَحْوًا مِنْ خَمْسِ سِنِيْنَ. فَكَانُوْا
يَقْنُتُوْنَ فِي الْفَجْرِ ؟ فَقَالَ أَيْ بُنَيَّ مُحْدَثٌ
....dari Abu Malik Al-Asyja’i Sa’ad bin
Thariq, ia berkata; aku pernah bertanya kepada ayahku wahai ayah! Sesungguhnya
engkau pernah mengerjakan shalat di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam , Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali. Apakah mereka semua berdo’a qunut
ketika shalat shubuh? Ayahku menjawab: Wahai anakku, qunut itu termasuk perkara yang baru”
Catatan:
Hadits diatas diriwayatkan juga oleh:
- Imam Tirmidzi dalam Sunannya juz 2 halaman 252, hadits nomor 402
- Imam Nasa`i dalam Sunannya juz 2 halaman 204 hadits nomor 1080
Hadits diatas diriwayatkan juga oleh:
- Imam Tirmidzi dalam Sunannya juz 2 halaman 252, hadits nomor 402
- Imam Nasa`i dalam Sunannya juz 2 halaman 204 hadits nomor 1080
Dalam Assunan
Al Kubro, Lil Baihaqi, juz 2 halaman 213:
طَارِقُ بْنُ
أَشْيَمَ الأَشْجَعِىُّ لَمْ يَحْفَظْهُ عَمَّنْ صَلَّى خَلْفَهُ فَرَآهُ
مُحْدَثًا وَقَدْ حَفِظَهُ غَيْرُهُ فَالْحُكْمُ لَهُ دُوْنَهُ.
Thariq bin Asy_yam al-Asyja’i tidak menghafal
orang yang sholat di belakang Rasulullah, maka ia memandangnya hal itu perkara
baru, sedangkan selainnya telah menghafalnya, maka hukum itu ditetapkan kepada
yang menghafalnya bukan padanya.
Dalam Kitab Khulashatul Ahkam, lil Imam Annawawi, halaman
451:
قَالَ أَصْحَابنَا : اَلَّذِيْنَ رَوَوْا إِثْبَاتَ الْقُنُوْتَ أَكْثَرُ
وَمَعَهُمْ زِيَادَةُ عِلْمٍ فَتُقَدَّمُ رِوَايَتُهُمْ .
Ashab kami berkata: Orang
yang meriwayatkan penetapan adanya qunut (subuh) itu lebih banyak dan bersama
mereka ada tambahan ilmu, maka riwayat mereka lebih didahulukan.
3.
TAHLILAN
Dalam Kitab Al Hawi Lil Fatawi, lil Imam Assuyuthi, juz 2 halaman 169:
قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْ كِتَابِ الزُّهْدِ لَهُ : حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ
قَالَ : ثَنَا اَلْأَشْجَعِيُّ عَنْ سُفْيَانَ قَالَ : قَالَ طَاوُسٌ : إِنَّ الْمَوْتَى
يُفْتَنُوْنَ فِيْ قُبُوْرِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ أَنْ يُطْعَمَ
عَنْهُمْ تِلْكَ الْأَيَّامَ
Imam Ahmad bin Hanbal
radhiyallaahu ‘anhu berkata didalam KITABUZZUHDI:
Telah menceritakan (kepada) kami Hasyim bin Al Qasim, telah menceritakan (kepada) kami Al Asyja’i, dari Sufyan, beliau berkata, Thawus berkata:
“Sesungguhnya orang-orang yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, dianjurkan bagi mereka yang masih hidup memberi makan (sedekah) untuk orang-orang yang sudah meninggal selama hari-hari tersebut.”
Telah menceritakan (kepada) kami Hasyim bin Al Qasim, telah menceritakan (kepada) kami Al Asyja’i, dari Sufyan, beliau berkata, Thawus berkata:
“Sesungguhnya orang-orang yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, dianjurkan bagi mereka yang masih hidup memberi makan (sedekah) untuk orang-orang yang sudah meninggal selama hari-hari tersebut.”
Dalam Kitab Majma’uzzawaid,
lil Hafizh al Haitsami juz 2 halaman 349:
وَعَنِ الْأَحْنَفِ بْنِ قَيْسٍ قَالَ:
كُنْتُ أَسْمَعُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقُوْلُ لَا يَدْخُلُ
رَجٌلٌ مِنْ قُرَيْشٍ مِنْ بَابٍ إِلَّا دَخَلَ مَعَهٌ أُنَاسٌ
فَلَا أَدْرِيْ مَا تَأْوِيْلُ قَوْلِهِ حَتَّى طُعِنَ عُمَرُ فَأَمَرَ صُهَيْبًا
أَنْ يُصَلِّيَ بِالنَّاسِ ثَلَاثًا وَأَمَرَ أَنْ يَجْعَلَ لِلنَّاسِ طَعَامًا تِلْكَ
الثَّلَاثَ الْأَيَّامَ حَتَّى يَجْتَمِعَ أَهْلُ الشُّوْرَى عَلَى رَجُلٍ فَلَمَّا
رَجَعُوْا مِنَ الْجَنَازَةِ جَاءُوْا وَقَدْ وُضِعَتْ اَلْمَوَائِدُ فَأَمْسَكَ
النَّاسُ لِلْحُزْنِ الَّذِيْ هُمْ فِيْهِ فَجَاءَ الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ
فَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ مَاتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَأَكَلْنَا وَشَرِبْنَا بَعْدَهُ وَمَاتَ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
فَأَكَلْنَا وَشَرِبْنَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِنْ هَذَا الطَّعَامِ فَمَدَّ
يَدَهُ وَمَدَّ النَّاسُ أَيْدِيْهِمْ فَأَكَلُوْا فَعَرَفْتُ تَأْوِيْلَ قَوْلِهِ.
رَوَاهُ الطَّبَرَانِيُّ وَفِيْهِ عَلِيُّ بْنُ زَيْدٍ وَحَدِيْثُهُ حَسَنٌ، وَبَقِيَّةُ
رِجَالِهِ رِجَالُ الصَّحِيْحِ
“Dan
dari al-Ahnaf bin Qays, ia berkata : Aku mendengar Umar bin Khaththab
radliyallahu ‘anhu mengatakan, seseorang dari Quraisy tidak akan masuk pada
sebuah pintu kecuali manusia masuk bersamanya. Maka aku tidak maksud dari
perkataannya, sampai Umar di tikam kemudian memerintahkan kepada Shuhaib agar
shalat bersama manusia dan membuatkan makanan hidangan makan untuk manusia
selama tiga hari. Ketika mereka telah kembali dari mengantar jenazah, mereka
datang dan sungguh makanan telah dihidangkan namun mereka tidak menyentuhnya
karena kesedihan pada diri mereka. Maka datanglah sayyidina Abbas bin Abdul
Muththalib, seraya berkata : “wahai manusia, sungguh Rasulullah shallallahu
‘alayhi wa sallam telah wafat, dan kita semua makan dan minum setelahnya, Abu
Bakar radhiyallaahu ‘anhu juga telah
wafat dan kita makan serta minum setelahnya, wahai manusia.. makanlah oleh
kalian dari makanan ini, maka sayyidina Abbas mengulurkan tanggan (mengambil
makanan), diikuti oleh yang lainnya kemudian mereka semua makan. Maka aku
(al-Ahnaf) mengetahui maksud dari perkataannya.”
HR. Aththabarani, didalamnya ada Ali bin Zaid (bin Jud’an), Haditsnya Hasan, perawi selain beliau termasuk perawi shahih.
HR. Aththabarani, didalamnya ada Ali bin Zaid (bin Jud’an), Haditsnya Hasan, perawi selain beliau termasuk perawi shahih.
Dalam
kitab al Fawaakih al Dawwaani 'alaa Risaalati Ibn Abi Zaid al Qairawaani juz 1 halaman 285:
وَأَمَّا
مَا يَصْنَعُهُ أَقَارِبُ الْمَيِّتِ مِنَ الطَّعَامِ وَجَمْعِ النَّاسِ عَلَيْهِ
فَإِنْ كَانَ لِقِرَاءَةِ قُرْآنٍ وَنَحْوِهَا مِمَّا يُرْجَى خَيْرُهُ
لِلْمَيِّتِ فَلَا بَأْسَ بِهِ ، وَأَمَّا لِغَيْرِ ذَلِكَ فَيُكْرَهُ ، وَلَا
يَنْبَغِيْ لِأَحَدٍ الْأَكْلُ مِنْهُ إلَّا أَنْ يَكُوْنَ الَّذِي صَنَعَهُ مِنَ
الْوَرَثَةِ بَالِغًا رَشِيدًا فَلَا حَرَجَ فِي الْأَكْلِ مِنْهُ
Adapun menghidangkan makanan yang dilakukan oleh kerabat mayit dan mengumpulkan orang-orang dalam acara tersebut, jika dengan maksud untuk membaca al Quran dan sebagainya yang mana diharapkan kebaikannya bagi si mayit, maka hal itu tidak apa-apa.
Namun jika tujuannya bukan untuk hal tersebut, maka hukumnya makruh, dan tidak seyogyanya bagi seseorang untuk memakan hidangan tersebut. Kecuali jika yang membuat akanan tsb ahli warisnya yang sudah balig dan rasyid, maka tidak apa-apa ikut memakannya.
Bagaimana dengan hadits dalam Sunan Ibn Majah juz 5 halaman 176 hadits nomor 1680?
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى قَالَ
حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ ح وَحَدَّثَنَا شُجَاعُ
بْنُ مَخْلَدٍ أَبُوْ الْفَضْلِ قَالَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ
بْنِ أَبِىْ خَالِدٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ أَبِىْ حَازِمٍ عَنْ جَرِيْرِ بْنِ عَبْدِ
اللهِ الْبَجَلِىِّ قَالَ كُنَّا نَرَى الْاِجْتِمَاعَ إِلَى أَهْلِ الْمَيِّتِ
وَصَنْعَةَ الطَّعَامِ مِنَ النِّيَاحَةِ
........dari Jarir bin Abdullah Al Bajali,
beliau berkata:
Kami menilai berkumpulnya banyak orang di rumah keluarga mayit, demikian pula aktivitas keluarga mayit membuatkan makanan adalah bagian dari niyahah (meratapi jenazah)
Kami menilai berkumpulnya banyak orang di rumah keluarga mayit, demikian pula aktivitas keluarga mayit membuatkan makanan adalah bagian dari niyahah (meratapi jenazah)
Catatan:
1. Dalam riwayat diatas ada rawi yang bernama:
Husyaim (bin Basyiir)
1. Dalam riwayat diatas ada rawi yang bernama:
Husyaim (bin Basyiir)
Ibnu Sa'ad dalam kitab Ath Thabaqat al Kubro juz 7 halaman 313 berkata:
كَانَ ثِقَةً كَثِيْرَ الْحَدِيْثِ ثَبَتًا يُدَلِّسُ كَثِيْرًا ، فَمَا قَالَ فِيْ حَدِيْثِهِ أَخْبَرَنَا فَهُوَ حُجَّةٌ وَمَالَمْ يَقُلْ فِيْهِ أَخْبَرَنَا فَلَيْسَ بِشَيْءٍ
Dia (Husyaim) adalah tsiqat (terpercaya), tsabat (hujjah)
Dia banyak mentadlis. Jika yang ia katakan dalam haditsnya "AKHBARANAA" maka ia merupakah hujjah, jika tidak, maka itu bukan apa-apa."
2.
Dalam kitab “Masaail al Imam Ahmad’’ halaman 388, nomor masalah 1867, Maktabah Ibn Taimiyyah, cetakan I tahun 1999
M – 1420 H :
قَالَ أَبُوْ دَاوَدَ : ذَكَرْتُ لِأَحْمَدَ حَدِيْثَ هُشَيْمٍ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ عَنْ قَيْسٍ عَنْ جَرِيْرٍ : ( كُنَّا نَعُدُّ الْاِجْتِمَاعَ عِنْدَ أَهْلِ الْمَيِّتِ وَصَنْعَةَ الطَّعَامِ لَهُمْ مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ ) زَعَمُوْا أَنَّهُ سَمِعَهُ مِنْ شَرِيْكٍ قَالَ أَحْمَدُ : وَمَا أَرَى لِهَذَا الْحَدِيْثِ أَصْلاً
Imam Abu Dawud berkata: “ Aku menuturkan kepada Imam Ahmad hadits Husyaim dari Ismaa’il dari Qays dari Jarir:
كُنَّا نَعُدُّ الْاِجْتِمَاعَ عِنْدَ أَهْلِ الْمَيِّتِ وَصَنْعَةَ الطَّعَامِ لَهُمْ مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ
Mereka menyangka bahwa dia mendengarnya dari Syariik, Imam Ahmad berkata: “ Aku tidak mengerti hadits ini mempunyai asal / sumber.”
4. TAWASSUL, ISTIGHATSAH & TABARRUK
Dalam Sunan Tirmidzi juz 13 halaman 124, hadits nomor 3927:
حَدَّثَنَا
مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ
عَنْ أَبِيْ جَعْفَرٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ عُثْمَانَ
بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّ رَجُلاً ضَرِيْرَ الْبَصَرِ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقَالَ ادْعُ اللهَ أَنْ يُعَافِيَنِيْ. قَالَ « إِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ
وَإِنْ شِئْتَ صَبَرْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ ». قَالَ فَادْعُهُ. قَالَ فَأَمَرَهُ
أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوءَهُ وَيَدْعُوَ بِهَذَا الدُّعَاءِ « اللَّهُمَّ
إِنِّيْ أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ
الرَّحْمَةِ إِنِّيْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّيْ فِيْ حَاجَتِيْ هَذِهِ
لِتُقْضَى لِيْ اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ ». قَالَ
هَذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ غَرِيْبٌ
“.......dari Utsman
bin Hunaif: "Suatu hari seorang buta datang kepada Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam. Dia berkata: "Mohonkan
kepada Allah agar menyembuhkan saya. Beliau bersabda: “Jika engkau mau
maka akan saya doakan, dan jika engkau mau bersabar maka itu lebih baik bagimu.
Dia (orang buta tsb) berkata: Mohonkan kepadaNya. Utsman bin Hunaif berkata,
Maka Nabi memerintahkan dia untuk berwudhu dan membaguskan wudhunya, dan berdoa
dengan doa ini: “ Ya Allah, sesungguhnya
aku memintaMu dan menghadap kepadaMu dngan perantara nabiMu, Muhammad, nabi
yang penuh kasih sayang, sesungguhnya aku menghadap kepada tuhanku dengan
perantara engkau (Muhammad) dalam
hajatku ini agar dikabulkan Ya Allah berikan
syafaat kepadanya untukku".
"
Dalam Kitab Mushonnaf Ibn Abi Syaibah juz 12 halaman 30, hadits nomor 32665:
حَدَّثَنَا أَبُوْ
مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ عَنْ مَالِكِ الدَّارِ , قَالَ
: وَكَانَ خَازِنَ عُمَرَ عَلَى الطَّعَامِ , قَالَ : أَصَابَ النَّاسَ قَحْطٌ فِيْ
زَمَنِ عُمَرَ , فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
, فَقَالَ : يَا رَسُوْلَ اللهِ , اسْتَسْقِ لأُمَّتِكَ فَإِنَّهُمْ قَدْ هَلَكُوْا
, فَأَتَى الرَّجُلَ فِي الْمَنَامِ فَقِيْلَ لَهُ : ائْتِ عُمَرَ فَأَقْرِئْهُ
السَّلامَ , وَأَخْبِرْهُ أَنَّكُمْ مَسْقِيُّوْنَ وَقُلْ لَهُ : عَلَيْكَ
الْكَيْسُ , عَلَيْكَ الْكَيْسُ , فَأَتَى عُمَرَ فَأَخْبَرَهُ فَبَكَى عُمَرُ ,
ثُمَّ قَالَ : يَا رَبِّ لَا آلُوْ إِلَّا مَا عَجَزْت عَنْهُ.
...... dari Malik Ad Daar dan ia seorang
bendahara gudang makanan pada pemerintahan Umar. Ia berkata “Orang-orang
mengalami kemarau panjang saat pemerintahan Umar. Kemudian seorang laki-laki
datang ke makam Nabi shallallaahu alaihi wasallam dan berkata “Ya Rasulullah, mintakanlah
hujan untuk umatmu karena mereka telah binasa”. Kemudian orang tersebut mimpi
bertemu Rasulullah dan dikatakan kepadanya “datanglah kepada Umar dan ucapkan
salam untuknya beritahukan kepadanya mereka semua akan diturunkan hujan.
Katakanlah kepadanya “bersikaplah bijaksana, bersikaplah bijaksana”. Maka
laki-laki tersebut menemui Umar dan menceritakan kepadanya akan hal itu.
Kemudian Umar berkata “Ya Tuhanku, aku tidak melalaikan urusan umat ini kecuali
apa yang aku tidak mampu melakukannya”.
Dalam Kitab
Al Adabul Mufrad, lil Imam Al Bukhari, juz 3 halaman 441, hadits nomor 1001:
حَدَّثَنَا
أَبُوْ نُعَيْمٍ قَالَ : حَدَّثَنَا سُفْيَانُ ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ ، عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : خَدِرَتْ رِجْلُ ابْنِ عُمَرَ ، فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ
: اُذْكُرْ أَحَبَّ النَّاسِ إِلَيْكَ ، فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ
“....dari Abdurrahman bin Sa’ad, dia berkata: “ Kaki Ibn Umar terkena mati rasa, maka salah seorang yang
hadir mengatakan kepada beliau: “Sebutkanlah orang yang paling Anda cintai!”
Lalu Ibnu Umar berseru: “Ya Muhammad”.
Dalam Shahih Muslim juz 10 halaman 411, hadits nomor
3855:
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ عَنْ عَبْدِ
الْمَلِكِ عَنْ عَبْدِ اللهِ مَوْلَى أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِيْ بَكْرٍ وَكَانَ
خَالَ وَلَدِ عَطَاءٍ قَالَ أَرْسَلَتْنِيْ أَسْمَاءُ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ
عُمَرَ فَقَالَتْ بَلَغَنِي أَنَّكَ تُحَرِّمُ أَشْيَاءَ ثَلَاثَةً الْعَلَمَ فِي
الثَّوْبِ وَمِيْثَرَةَ الْأُرْجُوَانِ وَصَوْمَ رَجَبٍ كُلِّهِ فَقَالَ لِيْ
عَبْدُ اللهِ أَمَّا مَا ذَكَرْتَ مِنْ رَجَبٍ فَكَيْفَ بِمَنْ يَصُومُ الْأَبَدَ
وَأَمَّا مَا ذَكَرْتَ مِنْ الْعَلَمِ فِي الثَّوْبِ فَإِنِّيْ سَمِعْتُ عُمَرَ
بْنَ الْخَطَّابِ يَقُوْلُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُوْلُ إِنَّمَا يَلْبَسُ الْحَرِيْرَ مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ فَخِفْتُ
أَنْ يَكُوْنَ الْعَلَمُ مِنْهُ وَأَمَّا مِيْثَرَةُ الْأُرْجُوَانِ فَهَذِهِ مِيْثَرَةُ
عَبْدِ اللهِ فَإِذَا هِيَ أُرْجُوَانٌ فَرَجَعْتُ إِلَى أَسْمَاءَ فَخَبَّرْتُهَا
فَقَالَتْ هَذِهِ جُبَّةُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْرَجَتْ
إِلَيَّ جُبَّةَ طَيَالِسَةٍ كِسْرَوَانِيَّةٍ لَهَا لِبْنَةُ دِيْبَاجٍ
وَفَرْجَيْهَا مَكْفُوفَيْنِ بِالدِّيْبَاجِ فَقَالَتْ هَذِهِ كَانَتْ عِنْدَ
عَائِشَةَ حَتَّى قُبِضَتْ فَلَمَّا قُبِضَتْ قَبَضْتُهَا وَكَانَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَلْبَسُهَا فَنَحْنُ نَغْسِلُهَا لِلْمَرْضَى
يُسْتَشْفَى بِهَا
“....dia (Asma’
binti Abi Bakar ash-Shiddiq) mengeluarkan jubah –dengan motif– thayalisi dan
kasrawani (semacam jubah kaisar) berkerah sutera yang kedua lobangnya tertutup.
Asma’ berkata: “Ini adalah jubah Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam.
Semula ia berada di tangan Aisyah. Ketika Aisyah wafat maka aku mengambilnya.
Dahulu jubah ini dipakai Rasulullah shallallaah ‘alaihi wasallam. Kami mencuci
(mencelupkan)-nya di air dan air tersebut menjadi obat bagi orang yang sakit”.
Dalam Kitab Attalkhis Al Habir, Al Hafzih Ibn Hajar, juz 2 halaman 310:
وَرَدَ بِهِ
الْخَبَرُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّبَرَانِيُّ عَنْ
أَبِيْ أُمَامَةَ "إذَا أَنَا مِتُّ فَاصْنَعُوْا بِيْ كَمَا أَمَرَنَا رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَصْنَعَ بِمَوْتَانَا أَمَرَنَا
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ "إذَا مَاتَ أَحَدٌ
مِنْ إخْوَانِكُمْ فَسَوَّيْتُمْ التُّرَابَ عَلَى قَبْرِهِ فَلْيَقُمْ أَحَدُكُمْ
عَلَى رَأْسِ قَبْرِهِ ثُمَّ لْيَقُلْ يَا فُلَانُ بْنَ فُلَانَةَ....
وَإِسْنَادُهُ صَالِحٌ وَقَدْ قَوَّاهُ الضِّيَاءُ فِي أَحْكَامِهِ
“…….talqin mayyit setelah dikuburkan terdapat
dalam hadits Nabi shallallaahu ‘ Alaihi wasallam, riwayat Imam Thabarani dari shahabat
Abu Umamah, (beliau berkata): Jika aku meninggal maka lakukanlah untukku
sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam perintahkan untuk kita lakukan terhadap
orang-orang yang meninggal diantara kita. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam memerintahkan kita, beliau berkata: Jika salah seorang saudara kalian
meninggal lalu kalian timbunkan tanah di atas kuburnya, maka hendaklah salah
seorang dari kalian berdiri di dekat kepalanya, lalu mengatakan: Wahai Fulan
anak Fulanah…………..dst
Sanadnya shalih (bagus), dan dikuatkan oleh Adhdhiya` dalam kitab Ahkamnya.
Sanadnya shalih (bagus), dan dikuatkan oleh Adhdhiya` dalam kitab Ahkamnya.
6. MEMBACA AL QURAN DI MAQOM
Dalam Kitab Sunan Kubro juz 4 halaman 56 hadits nomor 7319:
أَخْبَرَنَا
أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ
يَعْقُوْبَ حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ : سَأَلْتُ يَحْيَى بْنَ
مَعِيْنٍ عَنِ الْقِرَاءَةِ عِنْدَ الْقَبْرِ فَقَالَ حَدَّثَنَا مُبَشِّرُ بْنُ
إِسْمَاعِيْلَ الْحَلَبِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحَمْنِ بْنِ الْعَلَاءَ بْنِ
اللَّجْلَاجِ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّهُ قَالَ لِبَنِيْهِ : إِذَا أَدْخَلْتُمُوْنِيْ
قَبْرِيْ فَضَعُوْنِيْ فِي اللَّحْدِ وَقُوْلُوْا بِاسْمِ اللهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسُنُّوْا عَلَيَّ التُّرَابَ سَنًّا
وَاقْرَءُوْا عِنْدَ رَأْسِيْ أَوَّلَ الْبَقَرَةِ وَخَاتِمَتَهَا فَإِنِّيْ
رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَسْتَحِبُّ ذَلِكَ.
Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu Abdillah al-Hafizh, telah menceritakan kepada
kami Abul Abbas Muhammad bin Ya'qub ,
telah menceritakan kepada kami al-Abbas bin Muhammad, dia berkata: Aku bertanya kepada Yahya bin Ma'in mengenai
bacaan Quran di kubur, maka dia menjawab:Telah menceritakan kepada kami Mubassyir
bin Ismail al-Halabi, dari Abdurrahman bin al-'Alaa' bin al-Lajlaaj dari
ayahnya, bahawa ayahnya berkata pada anak-anaknya: " Apabila kamu semua memasukkan aku dalam
kubur, letakkan aku dalam lahad dan bacakanlah Bismillaah wa 'alaa millati
Rasulillaah sallallaahu 'alaihi wasallam, kemudian taburkan sedikit tanah, dan
bacakan di kepalaku permulaan surah al-Baqarah dan penghujungnya, sesungguhnya
aku melihat Ibn Umar menyukai perbuatan demikian”.
7. ADAKAH BID’AH HASANAH?
Dalam Kitab Hilyatul Auliya karya Abu Nu’eim Ahmad ibn Abdullah al Ashbahani juz 9 halaman 113:
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ الْآجُرِّي
ثَنَا عَبْدُاللهِ بْنِ مُحَمَّدٍ الْعَطَشِيُّ ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ
الْجُنَيْدِ ثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى قَالَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ
إِدْرِيْسَ الشَّافِعِيَّ يَقُوْلُ اَلْبِدْعَةُ بِدْعَتَانِ بِدْعَةٌ
مَحْمُوْدَةٌ وَبِدْعَةٌ مَذْمُوْمَةٌ فَمَا وَافَقَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَحْمُوْدٌ
وَمَا خَالَفَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَذْمُوْمٌ وَاحْتَجَّ بِقَوْلِ عُمَرَ بْنِ
الْخَطَّابِ فِيْ قِيَامِ رَمَضَانَ نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ هِيَ
Berkata Imam Asy Syafi’i Radhiallahu ‘Anhu: “Bid’ah itu ada
dua; bid’ah terpuji dan bid’ah tercela. Maka, apa-apa saja yang sesuai dengan
sunah maka itu terpuji, dan apa-apa saja yang menyelisihi sunah maka itu
tercela.” Beliau beralasan dengan ucapan Umar dalam qiyam Ramadhan:
“Sebaik-baiknya bid’ah adalah ini.
Wallaahu
A’lamu Bishshowaab
Semoga bermanfaat
Semoga bermanfaat
Pekalongan, Malam Sabtu, 24 Ramadhan 1436 / 11 Juli 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar