Minggu, 12 Juli 2015

Ketika Idul Fitri Jatuh pada Hari Jumat

Ketika Idul Fitri Jatuh pada Hari Jumat



Imam Syafi’i (wafat tahun 204 H) dalam Kitab Al Umm juz 1 halaman 274, cetakan 1410 H, Daarul Fikr, Beirut:

 اِجْتِمَاعُ الْعِيْدَيْنِ 
Berkumpulnya Dua Ied


أَخْبَرَنَا الرَّبِيْعُ قَالَ أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ قَالَ أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيْمُ بْنُ عُقْبَةَ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ قَالَ اِجْتَمَعَ عِيْدَانِ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ مِنْ أَهْلِ الْعَالِيَةِ فَلْيَجْلِسْ فِيْ غَيْرِ حَرَجٍ

Telah mengkhabarkan kepada kami Arrabi’, dia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Asysyafi’i, beliau berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Ibrahim bin Muhammad, dia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Ibrahim bin Uqbah dari Umar bin Abdul Aziz, beliau berkata:  “Telah berhimpun dua ’Ied pada masa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam maka bersabda beliau: “Barangsiapa yang suka duduk daripada Ahli ’Aliyah (nama daerah di Madinah)  maka hendaklah ia duduk tanpa sesuatu kesempitan”

أَخْبَرَنا الرَّبِيْعُ قَالَ أَخْبَرنَا الشَّافِعِيُّ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِيْ عُبَيْدٍ مَوْلَى ابْنِ أَزْهَرَ قَالَ شَهِدْتُ الْعِيْدَ مَعَ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ فَجَاءَ فَصَلَّى ثُمَّ انْصَرَفَ فَخَطَبَ فَقَالَ إنَّهُ قَدِ اجْتَمَعَ لَكُمْ فِيْ يَوْمِكُمْ هَذَا عِيْدَانِ فَمَنْ أَحَبَّ مِنْ أَهْلِ الْعَالِيَةِ أَنْ يَنْتَظِرَ الْجُمُعَةَ فَلْيَنْتَظِرْهَا وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَرْجِعَ فَلْيَرْجِعْ فَقَدْ أَذِنْتُ لَهُ 

Telah mengkhabarkan kepada kami  Arrabi’, dia  berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Asysyafi’i, beliau berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Malik dari Ibnu Syihab dari Abu Ubaid Maula ibn Az_har, dia berkata, saya telah menyaksikan shalat ied bersama Utsman bin Affan, beliau datang melakukan shalat kemudian berpaling lalu berhutbah, seraya berkata: “Sesungguhnya berhimpun bagi bagi kamu pada hari kamu ini dua Ied, maka barang siapa yang suka dari Ahlil ’Aliyah, akan menunggu Jumat, hendaklah ditunggunya. Dan barangsiapa yang mau pulang, bolehlah pulang, maka sesungguhnya aku telah izinkan baginya

( قَالَ الشَّافِعِيُّ ) وَإِذَا كَانَ يَوْمُ الْفِطْرِ يَوْم الْجُمُعَةِ صَلَّى الْإِمَامُ الْعِيْدَ حِيْنَ تَحِلُّ الصَّلَاةُ ثُمَّ أَذِنَ لِمَنْ حَضَرَهُ مِنْ غَيْرِ أَهْلِ الْمِصْرِ فِيْ أَنْ يَنْصَرِفُوْا إنْ شَاؤُوْا إلَى أَهْلِيْهِمْ وَلَا يَعُوْدُوْنَ إلَى الْجُمُعَةِ وَالْاِخْتِيَارُ لَهُمْ أَنْ يُقِيْمُوْا حَتَّى يَجْمَعُوا أَوْ يَعُوْدُوْا بَعْدَ انْصِرَافِهِمْ إنْ قَدَرُوْا حَتَّى يُجَمِّعُوْا وَإِنْ لَمْ يَفْعَلُوْا فَلَا حَرَجَ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَالَى 

Imam Syafi’i berkata: “Apabila hari Iedul Fitri itu hari Jumat, maka  imam melakukan shalat Ied ketika diperbolehkan melakukan shalat, kemudian ia mengizinkan bagi orang yang hadir, selain orang kota  untuk pulang menuju keluarga mereka, jika mereka mau, dan tidak usah melakukan shalat Jumat.
Yang terpilih untuk mereka adalah agar berdiam diri lalu melakukan shalat Jumat. Dan jika mereka tidak melakukannya maka tidaklah mengapa, Insya Allahu Ta’ala

( قَالَ الشَّافِعِيُّ ) وَلَا يَجُوْزُ هَذَا لِأَحَدٍ مِنْ أَهْلِ الْمِصْرِ أَنْ يَدَعُوْا أَنْ يُجَمِّعُوْا إِلَّا مِنْ عُذْرٍ يَجُوْزُ لَهُمْ بِهِ تَرْكُ الْجُمُعَةِ وَإِنْ كَانَ يَوْمَ عِيْدٍ

Imam Syafi’i berkata :  “Tidak boleh ini bagi seorang pun dari penduduk kota meninggalkan shalat Jumat kecuali disebabkan ada udzur yang membolehkan meninggalkan Jumat, meskipun hari raya”



Asysyeikh Yahya bin Abul Khair bin Salim Al Imroni (wafat tahun 558 H) dalam kitab Al Bayaan juz 2 halaman 551-553, cetakan ke I tahun 1421 H, Daarul Minhaaj, Beirut:

مَسْأَلَةٌ: اِتِّفِاقُ الْعِيْدِ وَالْجُمُعَةِ   

Permasalahan Ied Bertepatan dengan Jumat

  وَإِنِ اتَّفَقَ الْعِيْدُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَجَبَتِ الْجُمُعَةِ عَلَى أَهْلِ الْمِصْرِ، وَلَا تَسْقُطُ عَنْهُمْ بِفِعْلِ الْعِيْدِ، وَبِهِ قَالَ أَكْثَرُ الْفُقَهَاءِ
.  

 Jika Ied bertepatan hari hari Jumat maka shalat Jumat tetap wajib atas orang kota. Shalat Jumat tidak gugur atas mereka dengan melakukan shalat ied. Pendapat ini dipegangi mayoritas ahli fiqh.

وَدَلِيْلُنَا: مَا ذَكَرْنَاهُ مِنَ الظَّوَاهِرِ فِيْ وُجُوْبِ الْجُمُعَةِ، وَلَمْ يُفَرَّقْ فِيْهَا بَيْنَ يَوْمِ الْعِيْدِ وَغَيْرِهِ
 .
Dalil kami apa yang telah kami sebutkan yaitu zahirnya dalil mengenai wajibnya shalat Jumat, tidak membedakan hari raya atau bukan.

وَأَمَّا أَهْلُ السَّوَادِ - وَهُمْ مَنْ كَانَ خَارِجَ الْمِصْرِ الَّذِيْنَ يَجِبُ عَلَيْهِمْ حُضُوْرُ الْجُمُعَةِ بِسَمَاعِ النِّدَاءِ مِنَ الْمِصْرِ إِذَا حَضَرُوا الْعِيْدَ، وَرَاحُوْا فَلَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ حُضُوْرُ الْجُمُعَةِ فِيْ يَوْمِهِمْ ذَلِكَ
 .
Adapun penduduk sawad yatu orang-orang yang berada diluar perkotaan yang mana mereka wajib mendatangi Jumat dengan mendengar Adzan dari Kota, ketika mereka menghadiri Ied, dan mereka telah pulang maka mereka tidak wajib mendatangi shalat Jumat pada hari tsb.

وَمِنْ أَصْحَابِنَا مَنْ قَالَ: لَا يَسْقُط عَنْهُمْ فَرْضُ الْجُمُعَةِ؛ لِأَنَّ مَنْ لَزِمَهُ فَرْضُ الْجُمُعَةِ فِيْ غَيْرِ يَوْمِ الْعِيْدِ لَزِمَهُ فِيْ يَوْمِ الْعِيْدِ، كَأَهْلِ الْمِصْرِ .
Diantara ashab kami ada yang berpendapat bahwasanya kewajiban shalat Jumat tidak gugur atas mereka, karena orang yang berkewajiban shalat Jumat pada selain hari Ied tetap wajib melakukannya pada hari Ied seperti penduduk kota.

وَالْمَنْصُوْصُ هُوَ الْأَوَّلُ، وَالدَّلِيْلُ عَلَيْهِ: مَا رُوِيَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَابن عُمَرَ أَنَّهُمَا قَالَا
 
 اِجْتَمَعَ عِيْدَانِ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  فِيْ يَوْمٍ وَاحِدٍ، فَصَلَّى الْعِيْدَ فِيْ أَوَّلِ النَّهَارِ، وَقَالَ: أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ هَذَا يَوْمٌ اِجْتَمَعَ فِيْهِ عِيْدَاِن لَكُمْ، فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَشْهَدَ مَعَنَا الْجُمُعَةَ 
فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْصَرِفَ فَلْيَفْعَلْ

Yang manshsus adalah pendapat yang pertama. Dalilnya yaitu hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dan Ibn Umar, bahwasanya mereka berdua berkata: berkumpul dua Ied atas Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pada hari yang satu. Maka beliau melakukan shalat Ied pada awal siang. Beliau bersabda: “Wahai manusia, sesungguhnya hari ini berkumpul untuk kalian dua Ied. Barang siapa yang akan menyaksikan (melakukan) shalat Jumat bersama kami, maka lakukanlah, dan barang siapa yang ingin pulang maka lakukanlah.”

وَأَرَادَ بِهِ أَهْلَ الْعَالِيَةِ وَالسَّوَادَاتِ، بِدَلِيْلِ مَا رُوِيَ عَنْ عُثْمَانَ  رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّهُ قَالَ فِيْ خُطْبَتِهِ: (أَيُّهَا النَّاسُ، قَدِ اجْتَمَعَ عِيْدَانِ فِيْ يَوْمِكُمْ هَذَا، فَمَنْ أَرَادَ مِنْ أَهْلِ الْعَالِيَةِ أَنْ يُصَلِّيَ مَعَنَا الْجُمُعَةَ فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَرَادَ أَنْ يَنْصَرِفَ فَلْيَفْعَلْ
Yang dikehendaki oleh beliau dengan orang yang ingin pulang adalah penduduk Aliyah dan penduduk diluar perkotaan dengan dalil hadits yang diriwayatkan dari Utsman radhiyallaahu ‘anhu bahwasanya beliau berkata dalam khutbahnya: Wahai manusia, sungguh telah kumpul dua Ied di hari kalian ini. Barang siapa dari penduduk Aliyah yang ingin shalat bersama kami maka lakukanlah, dan barang siapa yang ingin pulang maka lakukanlah.

وَلِأَنَّهُمْ إِذَا قَعَدُوْا فِي الْبَلَدِ بَعْدَ صَلَاةِ الْعِيْدِ إِلَى صَلَاةِ الْجُمُعَةِ فَاتَتْهُمْ لَذَّةُ الْعِيْدِ، وَإِنْ رَاحُوْا بَعْدَ صَلَاةِ الْعِيْدِ إِلَى مَنَازِلِهْمْ، ثُمَّ رَجَعُوْا لِصَلَاةِ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَيْهِمْ مَشَقَّةٌ، وَالْجُمُعَةُ تَسْقُطُ بِالْمَشَقَّةِ، بِخِلَافِ أَهْلِ الْمِصْرِ، فَإِنَّ ذَلِكَ لَا يُوْجَدُ فِيْ حَقِّهِمْ
.
Lagian jika di kota mereka duduk-dukuk setelah shalat Ied menunggu shalat Jumat, maka hilanglah kenikmatan hari raya dari mereka. Jika setelah shalat ed mereka pulang kerumahnya masing-masng lalu mereka kembali (ke kota) untuk melakukan shalat Jumat, maka hal itu merupakan kepayahan atas mereka. Sementara shalat Jumat gugur dengan adanya kepayahan, berbeda dengan penduduk kota, hal tsb tidak terjadi atas mereka.



Imam Nawawi berkata dalam Kitab Al Majmu’, Syarh Al Muhadzdab juz 4 halaman 492:

قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّ مَذْهَبَنَا وُجُوْبُ الْجُمُعَةِ عَلَى أَهْلِ الْبَلَدِ وَسُقُوْطُهَا عَنْ أَهْلِ الْقُرَى وَبِهِ قَالَ عُثْمَانُ ابْنُ عَفَّانَ وَعُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ وَجُمْهُوْرُ الْعُلَمَاءِ

Telah kami sebutkan bahwasanya madzhab kami adalah wajib melakukan shalat Jumat bagi penduduk kota, dan shalat Jumat gugur bagi penduduk desa.
Pendapat ini yang dikatakan oleh Utsman bin Affan, Umar bin Abdul Aziz dan jumhur ulama.



Dalam Mushonnaf Abdurrazzaq juz 3 halaman 304 hadits nomor 5729:

عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنِ بْنِ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ بَعْضُ أَهْلِ الْمَدِيْنَةِ عَنْ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْهُمْ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِجْتَمَعَ فِيْ زَمَانِهِ يَوْمُ جُمُعَةٍ وَيَوْمُ فِطْرٍ أَوْ يَوْمُ جُمُعَةٍ وَأَضْحَى فَصَلَّى بِالنَّاسِ اَلْعِيْدَ الْأَوَّلَ ثُمَّ خَطَبَ فَأَذِنَ لِلْأَنْصَارِ فِي الرُّجُوْعِ إِلَى الْعَوَالِيْ وَتَرْكِ الْجُمُعَةِ فَلَمْ يَزَلْ اَلْاَمْرُ عَلَى ذَلِكَ بَعْدُ

Abdurrazzaq, dari Ibn Juraij, dida berkata: Telah mengkhabarkan kepada saya penduduk Madinah bukan satu orang saja dari mereka bahwasanya telah berkumpul di zaman Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam hari Jumat dan Iedul Fitri atau hari Jumat dan Iedul Adha. Maka beliau melakukan Ied yang pertama bersama orang-orang, kemudian belau berkhutbah dan mengijinkan kepada kaum Anshar untuk kembali ke Awali dan meninggalkan shalat Jumat. Perkara tsb berulang-ulang setelahnya.



Wallaahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar