Ketika Idul Fitri Jatuh pada Hari Jumat
Imam
Syafi’i (wafat tahun 204 H) dalam Kitab Al Umm juz 1 halaman 274, cetakan 1410
H, Daarul Fikr, Beirut:
اِجْتِمَاعُ الْعِيْدَيْنِ
Berkumpulnya Dua Ied
أَخْبَرَنَا الرَّبِيْعُ قَالَ أَخْبَرَنَا
الشَّافِعِيُّ قَالَ أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ أَخْبَرَنَا
إبْرَاهِيْمُ بْنُ عُقْبَةَ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ قَالَ اِجْتَمَعَ
عِيْدَانِ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَنْ
أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ مِنْ أَهْلِ الْعَالِيَةِ فَلْيَجْلِسْ فِيْ غَيْرِ حَرَجٍ
Telah mengkhabarkan kepada kami Arrabi’, dia berkata,
telah mengkhabarkan kepada kami Asysyafi’i, beliau berkata, telah mengkhabarkan
kepada kami Ibrahim bin Muhammad, dia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami
Ibrahim bin Uqbah dari Umar bin Abdul Aziz, beliau berkata: “Telah berhimpun dua ’Ied pada masa
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam maka bersabda beliau: “Barangsiapa
yang suka duduk daripada Ahli ’Aliyah (nama daerah di
Madinah) maka hendaklah ia duduk
tanpa sesuatu kesempitan”
أَخْبَرَنا
الرَّبِيْعُ قَالَ أَخْبَرنَا الشَّافِعِيُّ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنِ بْنِ
شِهَابٍ عَنْ أَبِيْ عُبَيْدٍ مَوْلَى ابْنِ أَزْهَرَ قَالَ شَهِدْتُ الْعِيْدَ مَعَ
عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ فَجَاءَ فَصَلَّى ثُمَّ انْصَرَفَ فَخَطَبَ فَقَالَ
إنَّهُ قَدِ اجْتَمَعَ لَكُمْ فِيْ يَوْمِكُمْ هَذَا عِيْدَانِ فَمَنْ أَحَبَّ مِنْ
أَهْلِ الْعَالِيَةِ أَنْ يَنْتَظِرَ الْجُمُعَةَ فَلْيَنْتَظِرْهَا وَمَنْ
أَحَبَّ أَنْ يَرْجِعَ فَلْيَرْجِعْ فَقَدْ أَذِنْتُ لَهُ
Telah
mengkhabarkan kepada kami Arrabi’,
dia berkata, telah mengkhabarkan kepada
kami Asysyafi’i, beliau berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Malik dari
Ibnu Syihab dari Abu Ubaid Maula ibn Az_har, dia berkata, saya telah
menyaksikan shalat ied bersama Utsman bin Affan, beliau datang melakukan shalat
kemudian berpaling lalu berhutbah, seraya berkata: “Sesungguhnya berhimpun bagi
bagi kamu pada hari kamu ini dua Ied, maka barang siapa yang suka dari Ahlil
’Aliyah, akan menunggu Jumat, hendaklah ditunggunya. Dan barangsiapa yang mau
pulang, bolehlah pulang, maka sesungguhnya aku telah izinkan baginya
( قَالَ الشَّافِعِيُّ ) وَإِذَا كَانَ يَوْمُ الْفِطْرِ يَوْم
الْجُمُعَةِ صَلَّى الْإِمَامُ الْعِيْدَ حِيْنَ تَحِلُّ الصَّلَاةُ ثُمَّ أَذِنَ
لِمَنْ حَضَرَهُ مِنْ غَيْرِ أَهْلِ الْمِصْرِ فِيْ أَنْ يَنْصَرِفُوْا إنْ شَاؤُوْا
إلَى أَهْلِيْهِمْ وَلَا يَعُوْدُوْنَ إلَى الْجُمُعَةِ وَالْاِخْتِيَارُ لَهُمْ
أَنْ يُقِيْمُوْا حَتَّى يَجْمَعُوا أَوْ يَعُوْدُوْا بَعْدَ انْصِرَافِهِمْ إنْ
قَدَرُوْا حَتَّى يُجَمِّعُوْا وَإِنْ لَمْ يَفْعَلُوْا فَلَا حَرَجَ إِنْ شَاءَ
اللهُ تَعَالَى
Imam
Syafi’i berkata: “Apabila hari Iedul Fitri itu hari Jumat, maka imam melakukan shalat Ied ketika
diperbolehkan melakukan shalat, kemudian ia mengizinkan bagi orang yang hadir,
selain orang kota untuk pulang menuju
keluarga mereka, jika mereka mau, dan tidak usah melakukan shalat Jumat.
Yang terpilih untuk mereka adalah agar berdiam diri lalu melakukan shalat Jumat. Dan jika mereka tidak melakukannya maka tidaklah mengapa, Insya Allahu Ta’ala
Yang terpilih untuk mereka adalah agar berdiam diri lalu melakukan shalat Jumat. Dan jika mereka tidak melakukannya maka tidaklah mengapa, Insya Allahu Ta’ala
( قَالَ الشَّافِعِيُّ ) وَلَا يَجُوْزُ هَذَا لِأَحَدٍ مِنْ
أَهْلِ الْمِصْرِ أَنْ يَدَعُوْا أَنْ يُجَمِّعُوْا إِلَّا مِنْ عُذْرٍ يَجُوْزُ لَهُمْ
بِهِ تَرْكُ الْجُمُعَةِ وَإِنْ كَانَ يَوْمَ عِيْدٍ
Imam
Syafi’i berkata : “Tidak boleh ini bagi seorang
pun dari penduduk kota meninggalkan shalat Jumat kecuali disebabkan ada udzur
yang membolehkan meninggalkan Jumat, meskipun hari raya”
Asysyeikh Yahya bin Abul
Khair bin Salim Al Imroni (wafat tahun 558 H) dalam kitab Al Bayaan juz 2
halaman 551-553, cetakan ke I tahun 1421 H, Daarul Minhaaj, Beirut:
مَسْأَلَةٌ: اِتِّفِاقُ
الْعِيْدِ وَالْجُمُعَةِ
Permasalahan Ied Bertepatan dengan Jumat
وَإِنِ اتَّفَقَ الْعِيْدُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَجَبَتِ الْجُمُعَةِ عَلَى أَهْلِ الْمِصْرِ، وَلَا تَسْقُطُ عَنْهُمْ بِفِعْلِ الْعِيْدِ، وَبِهِ قَالَ أَكْثَرُ الْفُقَهَاءِ .
Jika Ied bertepatan hari hari Jumat maka shalat Jumat tetap wajib atas orang kota. Shalat Jumat tidak gugur atas mereka dengan melakukan shalat ied. Pendapat ini dipegangi mayoritas ahli fiqh.
وَدَلِيْلُنَا: مَا ذَكَرْنَاهُ
مِنَ الظَّوَاهِرِ فِيْ وُجُوْبِ الْجُمُعَةِ، وَلَمْ يُفَرَّقْ فِيْهَا بَيْنَ يَوْمِ
الْعِيْدِ وَغَيْرِهِ
.
Dalil kami apa yang telah kami
sebutkan yaitu zahirnya dalil mengenai wajibnya shalat Jumat, tidak membedakan hari
raya atau bukan.
وَأَمَّا أَهْلُ السَّوَادِ - وَهُمْ مَنْ كَانَ خَارِجَ الْمِصْرِ الَّذِيْنَ يَجِبُ عَلَيْهِمْ حُضُوْرُ الْجُمُعَةِ بِسَمَاعِ النِّدَاءِ مِنَ الْمِصْرِ إِذَا حَضَرُوا الْعِيْدَ، وَرَاحُوْا فَلَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ حُضُوْرُ الْجُمُعَةِ فِيْ يَوْمِهِمْ ذَلِكَ
.
Adapun
penduduk sawad yatu orang-orang yang berada diluar perkotaan yang mana
mereka wajib mendatangi Jumat dengan mendengar Adzan dari Kota, ketika mereka
menghadiri Ied, dan mereka telah pulang maka mereka tidak wajib mendatangi
shalat Jumat pada hari tsb.
وَمِنْ أَصْحَابِنَا مَنْ قَالَ: لَا يَسْقُط عَنْهُمْ فَرْضُ الْجُمُعَةِ؛ لِأَنَّ مَنْ لَزِمَهُ فَرْضُ الْجُمُعَةِ فِيْ غَيْرِ يَوْمِ الْعِيْدِ لَزِمَهُ فِيْ يَوْمِ الْعِيْدِ، كَأَهْلِ الْمِصْرِ .
Diantara ashab kami ada yang berpendapat
bahwasanya kewajiban shalat Jumat tidak gugur atas mereka, karena orang yang
berkewajiban shalat Jumat pada selain hari Ied tetap wajib melakukannya pada
hari Ied seperti penduduk kota.
وَالْمَنْصُوْصُ هُوَ الْأَوَّلُ، وَالدَّلِيْلُ عَلَيْهِ: مَا رُوِيَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَابن عُمَرَ أَنَّهُمَا قَالَا
اِجْتَمَعَ عِيْدَانِ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ يَوْمٍ وَاحِدٍ، فَصَلَّى الْعِيْدَ فِيْ أَوَّلِ النَّهَارِ، وَقَالَ: أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ هَذَا يَوْمٌ اِجْتَمَعَ فِيْهِ عِيْدَاِن لَكُمْ، فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَشْهَدَ مَعَنَا الْجُمُعَةَ
فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْصَرِفَ فَلْيَفْعَلْ
Yang
manshsus adalah pendapat yang pertama. Dalilnya yaitu hadits yang
diriwayatkan dari Abu Hurairah dan Ibn Umar, bahwasanya mereka berdua berkata:
berkumpul dua Ied atas Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pada hari yang
satu. Maka beliau melakukan shalat Ied pada awal siang. Beliau bersabda: “Wahai
manusia, sesungguhnya hari ini berkumpul untuk kalian dua Ied. Barang siapa
yang akan menyaksikan (melakukan) shalat Jumat bersama kami, maka lakukanlah,
dan barang siapa yang ingin pulang maka lakukanlah.”
وَأَرَادَ بِهِ أَهْلَ الْعَالِيَةِ وَالسَّوَادَاتِ، بِدَلِيْلِ مَا رُوِيَ عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّهُ قَالَ فِيْ خُطْبَتِهِ: (أَيُّهَا النَّاسُ، قَدِ اجْتَمَعَ عِيْدَانِ فِيْ يَوْمِكُمْ هَذَا، فَمَنْ أَرَادَ مِنْ أَهْلِ الْعَالِيَةِ أَنْ يُصَلِّيَ مَعَنَا الْجُمُعَةَ فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَرَادَ أَنْ يَنْصَرِفَ فَلْيَفْعَلْ
Yang
dikehendaki oleh beliau dengan orang yang ingin pulang adalah penduduk Aliyah
dan penduduk diluar perkotaan dengan dalil hadits yang diriwayatkan dari Utsman
radhiyallaahu ‘anhu bahwasanya beliau berkata dalam khutbahnya: Wahai manusia,
sungguh telah kumpul dua Ied di hari kalian ini. Barang siapa dari penduduk Aliyah
yang ingin shalat bersama kami maka lakukanlah, dan barang siapa yang ingin
pulang maka lakukanlah.
وَلِأَنَّهُمْ إِذَا قَعَدُوْا فِي الْبَلَدِ بَعْدَ صَلَاةِ الْعِيْدِ إِلَى صَلَاةِ الْجُمُعَةِ فَاتَتْهُمْ لَذَّةُ الْعِيْدِ، وَإِنْ رَاحُوْا بَعْدَ صَلَاةِ الْعِيْدِ إِلَى مَنَازِلِهْمْ، ثُمَّ رَجَعُوْا لِصَلَاةِ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَيْهِمْ مَشَقَّةٌ، وَالْجُمُعَةُ تَسْقُطُ بِالْمَشَقَّةِ، بِخِلَافِ أَهْلِ الْمِصْرِ، فَإِنَّ ذَلِكَ لَا يُوْجَدُ فِيْ حَقِّهِمْ
.
Lagian jika di kota mereka duduk-dukuk setelah shalat
Ied menunggu shalat Jumat, maka hilanglah kenikmatan hari raya dari mereka.
Jika setelah shalat ed mereka pulang kerumahnya masing-masng lalu mereka
kembali (ke kota) untuk melakukan shalat Jumat, maka hal itu merupakan
kepayahan atas mereka. Sementara shalat Jumat gugur dengan adanya kepayahan,
berbeda dengan penduduk kota, hal tsb tidak terjadi atas mereka.
Imam
Nawawi berkata dalam Kitab Al Majmu’, Syarh Al Muhadzdab juz 4 halaman 492:
قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّ مَذْهَبَنَا
وُجُوْبُ الْجُمُعَةِ عَلَى أَهْلِ الْبَلَدِ وَسُقُوْطُهَا عَنْ أَهْلِ الْقُرَى
وَبِهِ قَالَ عُثْمَانُ ابْنُ عَفَّانَ وَعُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ وَجُمْهُوْرُ
الْعُلَمَاءِ
Telah kami sebutkan bahwasanya madzhab kami adalah
wajib melakukan shalat Jumat bagi penduduk kota, dan shalat Jumat gugur bagi
penduduk desa.
Pendapat ini yang dikatakan oleh Utsman bin Affan, Umar bin Abdul Aziz dan jumhur ulama.
Pendapat ini yang dikatakan oleh Utsman bin Affan, Umar bin Abdul Aziz dan jumhur ulama.
Dalam Mushonnaf Abdurrazzaq juz 3 halaman 304 hadits nomor 5729:
عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنِ بْنِ
جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ بَعْضُ أَهْلِ الْمَدِيْنَةِ عَنْ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْهُمْ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِجْتَمَعَ فِيْ زَمَانِهِ يَوْمُ
جُمُعَةٍ وَيَوْمُ فِطْرٍ أَوْ يَوْمُ جُمُعَةٍ وَأَضْحَى فَصَلَّى بِالنَّاسِ اَلْعِيْدَ
الْأَوَّلَ ثُمَّ خَطَبَ فَأَذِنَ لِلْأَنْصَارِ فِي الرُّجُوْعِ إِلَى الْعَوَالِيْ
وَتَرْكِ الْجُمُعَةِ فَلَمْ يَزَلْ اَلْاَمْرُ عَلَى ذَلِكَ بَعْدُ
Abdurrazzaq, dari Ibn Juraij, dida berkata: Telah
mengkhabarkan kepada saya penduduk Madinah bukan satu orang saja dari mereka
bahwasanya telah berkumpul di zaman Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam hari
Jumat dan Iedul Fitri atau hari Jumat dan Iedul Adha. Maka beliau melakukan Ied
yang pertama bersama orang-orang, kemudian belau berkhutbah dan mengijinkan
kepada kaum Anshar untuk kembali ke Awali dan meninggalkan shalat Jumat.
Perkara tsb berulang-ulang setelahnya.
Wallaahu A’lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar