Kamis, 02 Juli 2015

Dalil amaliyah NU

SHOLAT TAROWIH 20 RAKAAT, DOA QUNUT SHUBUH, TAHLILAN, , TALQIN MAYYIT, , MEMBACA AL QURAN DI MAQOM, TAWASSUL, ISTIGHATSAH, TABARRUK, MEMBACA BASMALAH DALAM SURAT AL FATIHAH, MEMBACA MANAQIB



1. SHOLAT TAROWIH 20 ROKAAT
Dalam Kitab Mushonnaf Abdurrozzaq  juz 4 halaman 260, hadits nomor 7730:

عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ دَاوُدَ بْنِ قَيْسٍ وَغَيْرِهِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يُوْسُفَ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ أَنَّ عُمَرَ جَمَعَ النَّاسَ فِيْ رَمَضَانَ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ وَعَلَى تَمِيْمٍ 
الدَّارِيِّ عَلَى إِحْدَى وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً يَقْرَؤُوْنَ بِالْمِئِيْنَ وَيَنْصَرِفُوْنَ عِنْدَ فُرُوْعِ الْفَجْرِ

“Abdurrazaaq, dari Dawud bin Qais dan yang lainnya, dari Muhammad bin Yusuf, dari As Saaib bin Yazid : Bahwasannya Umar mengumpulkan orang-orang di bulan Ramadlan yang diimami oleh Ubay bin Ka’ab dan Tamiim  Ad Daari dengan 21 rakaat. Mereka membaca (surat-surat) Al Mi’iin (Al Mi`iin adalah surat-surat yang berjumlah mendekati 100 ayat atau lebih) dan mereka pulang di ambang fajar”



2. DOA QUNUT SHUBUH
Dalam Sunan Kubro, Imam Baihaqi, juz 2 halaman 201, hadits nomor  3230:
وَأَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّيْرَفِىُّ بِمَرْوَ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عِيْسَى حَدَّثَنَا أَبُوْ نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ الرَّازِىُّ عَنِ الرَّبِيْعِ بْنِ أَنَسٍ قَالَ : كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ أَنَسٍ فَقِيْلَ لَهُ إِنَّمَا قَنَتَ رَسُوْلُ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا. فَقَالَ : مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  يَقْنُتُ فِىْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا. قَالَ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ : هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيْحٌ سَنَدُهُ ثِقَةٌ رُوَاتُهُ
“…..(diriwayatkan) dari Ar Rabi’ bin Anas, beliau berkata: Aku duduk disisi Anas, maka dikatakan kepada beliau: Rasulullah shallallaahu ‘alaih wasallam qunut hanya satu bulan. Maka beliau berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam selalu qunut didalam shalat ghadaat (shubuh) hingga beliau meninggalkan dunia.
Abu Abdillah berkata: Ini isnad, sanadnya shahih, rawi-rawinya terpercaya.”

3. TAHLILAN
Dalam Kitab Al Hawi Lil Fatawi, lil Imam Assuyuthi, juz 2 halaman 169:

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْ كِتَابِ الزُّهْدِ لَهُ : حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ قَالَ : ثَنَا اَلْأَشْجَعِيُّ عَنْ سُفْيَانَ قَالَ : قَالَ طَاوُسٌ : إِنَّ الْمَوْتَى يُفْتَنُوْنَ فِيْ قُبُوْرِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ أَنْ يُطْعَمَ عَنْهُمْ تِلْكَ الْأَيَّامَ

Imam Ahmad bin Hanbal radhiyallaahu ‘anhu berkata didalam KITABUZZUHDI: Telah menceritakan (kepada)  kami Hasyim bin Al Qasim, telah menceritakan (kepada) kami Al Asyja’i, dari Sufyan, beliau berkata, Thawus berkata:
“Sesungguhnya orang-orang yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, dianjurkan bagi mereka yang masih hidup memberikan makanan (sedekah) bagi orang-orang yang sudah meninggal selama hari-hari tersebut.”


4. TALQIN MAYYIT

Dalam Kitab Attalkhis Al Habir, Al Hafzih Ibn Hajar, juz 2 halaman 310:


وَرَدَ بِهِ الْخَبَرُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّبَرَانِيُّ عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ "إذَا أَنَا مِتُّ فَاصْنَعُوْا بِيْ كَمَا أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَصْنَعَ بِمَوْتَانَا أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ "إذَا مَاتَ أَحَدٌ مِنْ إخْوَانِكُمْ فَسَوَّيْتُمْ التُّرَابَ عَلَى قَبْرِهِ فَلْيَقُمْ أَحَدُكُمْ عَلَى رَأْسِ قَبْرِهِ ثُمَّ 
لْيَقُلْ يَا فُلَانُ بْنَ فُلَانَةَ.... وَإِسْنَادُهُ صَالِحٌ وَقَدْ قَوَّاهُ الضِّيَاءُ فِي أَحْكَامِهِ 
 “…….talqin mayyit setelah dikuburkan terdapat dalam hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, riwayat Imam Thabarani dari Abu Umamah, (beliau berkata): Jika aku meninggal maka lakukanlah untukku sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam  perintahkan untuk kita lakukan terhadap orang-orang yang meninggal diantara kita. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kita, beliau berkata: “Jika salah seorang saudara kalian meninggal lalu kalian timbunkan tanah di atas kuburnya, maka hendaklah salah seorang dari kalian berdiri di dekat kepalanya, lalu mengatakan: Wahai Fulan anak Fulanah…………..dst”



5. MEMBACA AL QURAN DI MAQOM
Dalam Kitab Sunan Kubro, Lil Imam Al Baihaqi,  juz 4 halaman 56 hadits nomor 7319:


أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ : مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ : سَأَلْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِيْنٍ عَنِ الْقِرَاءَةِ عِنْدَ الْقَبْرِ فَقَالَ حَدَّثَنَا مُبَشِّرُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الْحَلَبِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحَمْنِ بْنِ الْعَلَاءَ بْنِ اللَّجْلَاجِ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّهُ قَالَ لِبَنِيْهِ : إِذَا أَدْخَلْتُمُوْنِيْ قَبْرِيْ فَضَعُوْنِيْ فِي اللَّحْدِ وَقُوْلُوْا بِاسْمِ اللهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- وَسُنُّوْا عَلَيَّ التُّرَابَ سَنًّا وَاقْرَءُوْا عِنْدَ رَأْسِيْ أَوَّلَ الْبَقَرَةِ وَخَاتِمَتَهَا فَإِنِّيْ رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَسْتَحِبُّ ذَلِكَ.
“.....dari Abdurrahman bin al-'Alaa` bin al-Lajlaaj dari ayahnya, bahawa ayahnya berkata pada anak-anaknya:  " Apabila kamu semua memasukkan aku dalam kubur, letakkan aku dalam lahad dan bacakanlah Bismillah wa 'alaa millati Rasulillaah sallallaahu 'alaihi wasallam, kemudian taburkan  tanah, dan bacakan di kepalaku permulaan surah al-Baqarah dan penghujungnya, sesungguhnya aku melihat Ibn Umar menyukai perbuatan demikian”



6. TAWASSUL
Dalam Sunan Tirmidzi juz 13 halaman 124, hadits nomor 3927:

حَدَّثَنَا مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِيْ جَعْفَرٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّ رَجُلاً ضَرِيْرَ الْبَصَرِ أَتَى النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- فَقَالَ ادْعُ اللهَ أَنْ يُعَافِيَنِيْ. قَالَ « إِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ وَإِنْ شِئْتَ صَبَرْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ ». قَالَ فَادْعُهُ. قَالَ فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوءَهُ وَيَدْعُوَ بِهَذَا الدُّعَاءِ « اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ إِنِّيْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّيْ فِيْ حَاجَتِيْ هَذِهِ لِتُقْضَى لِيْ اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ ». قَالَ هَذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ غَرِيْبٌ

“.......dari Utsman bin Hunaif: "Suatu hari seorang buta datang kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam. Dia berkata: "Mohonkan  kepada Allah agar menyembuhkan saya. Beliau bersabda: “Jika engkau mau maka akan saya doakan, dan jika engkau mau bersabar maka itu lebih baik bagimu. Dia (orang buta tsb) berkata: Mohonkan kepadaNya. Utsman bin Hunaif berkata, Maka Nabi memerintahkan dia untuk berwudhu dan membaguskan wudhunya, dan berdoa dengan doa ini: “ Ya Allah,  sesungguhnya aku memintaMu dan menghadap kepadaMu dngan perantara nabiMu, Muhammad, nabi yang penuh kasih sayang, sesungguhnya aku menghadap kepada tuhanku dengan perantara engkau (Muhammad)  dalam hajatku ini agar dikabulkan Ya Allah, berikan  syafaat kepadanya untukku".


Dalam Kitab Mushonnaf Ibn Abi Syaibah juz 12 halaman 30, hadits nomor 32665:

حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ عَنْ مَالِكِ الدَّارِ , قَالَ : وَكَانَ خَازِنَ عُمَرَ عَلَى الطَّعَامِ , قَالَ : أَصَابَ النَّاسَ قَحْطٌ فِيْ زَمَنِ عُمَرَ , فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , فَقَالَ : يَا رَسُوْلَ اللهِ , اسْتَسْقِ لأُمَّتِكَ فَإِنَّهُمْ قَدْ هَلَكُوْا , فَأَتَى الرَّجُلَ فِي الْمَنَامِ فَقِيْلَ لَهُ : ائْتِ عُمَرَ فَأَقْرِئْهُ السَّلامَ , وَأَخْبِرْهُ أَنَّكُمْ مَسْقِيُّوْنَ وَقُلْ لَهُ : عَلَيْكَ الْكَيْسُ , عَلَيْكَ الْكَيْسُ , فَأَتَى عُمَرَ فَأَخْبَرَهُ فَبَكَى عُمَرُ , ثُمَّ قَالَ : يَا رَبِّ لَا آلُوْ إِلَّا مَا عَجَزْت عَنْهُ.


...... dari Malik Ad Daar dan ia seorang bendahara gudang makanan pada pemerintahan Umar. Ia berkata “Orang-orang mengalami kemarau panjang saat pemerintahan Umar. Kemudian seorang laki-laki datang ke makam Nabi shallallaahu alaihi wasallam dan berkata “Ya Rasulullah, mintakanlah hujan untuk umatmu karena mereka telah binasa”. Kemudian orang tersebut mimpi bertemu Rasulullah dan dikatakan kepadanya “datanglah kepada Umar dan ucapkan salam untuknya, beritahukan kepadanya mereka semua akan diturunkan hujan. Katakanlah kepadanya “bersikaplah bijaksana, bersikaplah bijaksana”. Maka laki-laki tersebut menemui Umar dan menceritakan kepadanya akan hal itu. Kemudian Umar berkata “Ya Tuhanku aku tidak melalaikan urusan umat ini kecuali apa yang aku tidak mampu melakukannya”.



7. ISTIGHATSAH

Dalam Kitab Al Adabul Mufrad, lil Imam Al Bukhari, juz 3 halaman 441, hadits nomor 1001:

حَدَّثَنَا أَبُوْ نُعَيْمٍ قَالَ : حَدَّثَنَا سُفْيَانُ ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : خَدِرَتْ رِجْلُ ابْنِ عُمَرَ ، فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ : اُذْكُرْ أَحَبَّ النَّاسِ إِلَيْكَ ، فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ

“....dari Abdurrahman bin Sa’ad, dia berkata:  “ Kaki Ibn Umar  terkena kebas (mati rasa), maka salah seorang yang hadir mengatakan kepada beliau: “Sebutkanlah orang yang paling Anda cintai!” Lalu Ibnu Umar berseru: “Ya Muhammad”.




8. TABARRUK 

Dalam Shahih Muslim juz 10 halaman 411, hadits nomor 3855:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ عَنْ عَبْدِ اللهِ مَوْلَى أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِيْ بَكْرٍ وَكَانَ خَالَ وَلَدِ عَطَاءٍ قَالَ أَرْسَلَتْنِيْ أَسْمَاءُ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ فَقَالَتْ بَلَغَنِي أَنَّكَ تُحَرِّمُ أَشْيَاءَ ثَلَاثَةً الْعَلَمَ فِي الثَّوْبِ وَمِيْثَرَةَ الْأُرْجُوَانِ وَصَوْمَ رَجَبٍ كُلِّهِ فَقَالَ لِيْ عَبْدُ اللهِ أَمَّا مَا ذَكَرْتَ مِنْ رَجَبٍ فَكَيْفَ بِمَنْ يَصُوْمُ الْأَبَدَ وَأَمَّا مَا ذَكَرْتَ مِنْ الْعَلَمِ فِي الثَّوْبِ فَإِنِّيْ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَقُوْلُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ إِنَّمَا يَلْبَسُ الْحَرِيْرَ مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ فَخِفْتُ أَنْ يَكُوْنَ الْعَلَمُ مِنْهُ وَأَمَّا مِيْثَرَةُ الْأُرْجُوَانِ فَهَذِهِ مِيْثَرَةُ عَبْدِ اللهِ فَإِذَا هِيَ أُرْجُوَانٌ فَرَجَعْتُ إِلَى أَسْمَاءَ فَخَبَّرْتُهَا فَقَالَتْ هَذِهِ جُبَّةُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْرَجَتْ إِلَيَّ جُبَّةَ طَيَالِسَةٍ كِسْرَوَانِيَّةٍ لَهَا لِبْنَةُ دِيْبَاجٍ وَفَرْجَيْهَا مَكْفُوفَيْنِ بِالدِّيْبَاجِ فَقَالَتْ هَذِهِ كَانَتْ عِنْدَ عَائِشَةَ حَتَّى قُبِضَتْ فَلَمَّا قُبِضَتْ قَبَضْتُهَا وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَلْبَسُهَا فَنَحْنُ نَغْسِلُهَا لِلْمَرْضَى 
يُسْتَشْفَى بِهَا
“....dia (Asma’ binti Abi Bakar ash-Shiddiq) mengeluarkan jubah –dengan motif– thayalisi dan kasrawani (semacam jubah kaisar) berkerah sutera yang kedua lobangnya tertutup. Asma’ berkata: “Ini adalah jubah Rasulullah shollallaah ‘alaih wasallam. Semula ia berada di tangan Aisyah. Ketika Aisyah wafat maka aku mengambilnya. Dahulu jubah ini dipakai Rasulullah shollallaah ‘alaih wasallam. Kami mencuci (mencelupkan)-nya di air dan air tersebut menjadi obat bagi orang yang sakit”.



9. MEMBACA BASMALAH DALAM SURAT AL FATIHAH
Dalam Kitab Sunan Addaraquthni juz 1 halaman 312, hadits nomor 36:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ صَاعِدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ قَالَا نا جَعْفَرُ بْنُ مكرمٍ ثنا أَبُوْ بَكْرٍ الْحَنَفِيُّ ثنا عَبْدُ الْحَمِيْدِ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِيْ نُوْحُ بْنُ أَبِيْ بِلَالٍ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهُ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- :« إِذَا قَرَأْتُمُ الْحَمْدُ للهِ فَاقْرَءُوْا (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) إِنَّهَا أُمُّ الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ الْمَثَانِيْ وَ (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) إِحْدَاهَا ».

 “......dari Abu Hurairah, ia  berkata: “Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallama bersabda: “Apabila kamu membaca surat al-Hamdu Lillah, maka bacalah Bismillaahirrahmaanirrahiim, karena sesungguhnya ia adalah induk al-Qur’an, induk al-Kitab dan tujuh ayat yang diulang-ulang.  Sedangkan Bismillaahirrahmaanirrahiim adalah salah satu ayatnya.”



10. MEMBACA MANAQIB

Dalam Kitab Karomaati Auliyaa`illaahi ‘Azza Wa Jalla, lil Hafizh Allaalikaa`i, halaman 96, atsar nomor 45
:

أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ ، قَالَ : ثنا جَعْفَر بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ نَصِيْرٍ ، قَالَ : ثنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَسْرُوْقٍ ، قَالَ : ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ الْبُرْجُلَانِيُّ ، قَالَ : سَمِعْتُ الْحَسَنَ بْنَ الرَّبِيْعِ ، قَالَ : سَمِعْتُ ابْنَ الْمُبَارَكِ ، بِالْمِصِّيْصَةِ ، وَذَكَرَ عَلِيَّ بْنَ الْفُضَيْلِ ، فَجَعَلَ يَذْكُرُ مَنَاقِبَهُ ، قَالَ : فَسَأَلَهُ رَجُلٌ عَنْ حَدِيْثٍ ، فَقَالَ : دَعْنَا ، فَإِنَّ مُحَمَّدَ بْنَ النَّضْرِ الْحَارِثِيَّ ، كَانَ يَقُوْلُ : عِنْدَ ذِكْرِ الصَّالِحِيْنَ تَنْزِلُ الرَّحْمَةُ

 Telah mengkhabarkan kepada kami Ubaidillah bin Muhaamd bin Ahmad dia berkata, telah menceritakan kepada kami Ja’far bin Muhammad bin Nashier, dia berkata, telah menceritakan kepada kami Ahmad bn Muhammad bin Masruq, dia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Husain Al Burjulani, dia berkata, aku mendengar al Hasan bin Arrabi’ berkata, aku mendengar Ibnul Mubarak di kota Mishshishah. Beliau menuturkan Ali bin Al Fudhail, beliaupun menuturkan manaqibnya. (Al Hasan bin Arrabi’) berkata: lalu ada seoranglaki-laki bertanya kepada Ibnul Mubarak tentang sebuah hadits, maka beliau berkata: Biarkanlah kami, karena sesungguhnya Muhammad bin Nadhr Al Haritsi berkata: ketka menyebut orang-orqng saleh maka turunlah rahmat.

Dalam Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 200:

وَقَدْ وَرَدَ فِي اْلَاثَرِ عَنْ سَيِّدِ الْبَشَرِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنَّهُ قاَلَ :مَنْ وَرَّخَ مُؤْمِناَ فَكَأَنمَّاَ اَحْياَهُ وَمَنْ قَرَأَ تاَرِيْخَهُ فَكَأَنمَّاَ زَارَهُ 

Tersebut dalam riwayat atsar dari Sayyidul Basyar (Rasulullah) shallallaahu alaih wasallam bersabda: Siapa membuat sejarah orang mukmin seolah-olah ia menghidupkannya kembali; siapa membacakan sejarahnya seolah-olah ia sedang mengunjunginya...”




Wallaahu A’lamu Bishshowaab
Semoga bermanfaat


Pekalongan, Jumat 16  Ramadhan 1436 / 3 Juli 2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar