Minggu, 21 Juni 2015

Pengajian Romadlon MWCNU Wiradesa, di Musholla Al Hikmah Kepatihan (ringkasan)

Pengajian Romadlon  MWCNU Wiradesa, di  Musholla Al Hikmah Kepatihan

perihal:
SHALAT TARAWIH 20 RAKAAT, QUNUT SUBUH, TARHIMAN, TAHLILAN, TALQIN MAYYIT,                 SEPUTAR CELANA CINGKRANG, ADAKAH BID’AH HASANAH? DAN TAWASSUL




I. SHALAT TARAWIH 20 RAKAAT

Dalam Sunan Kubro Lil Baihaqi, juz 2 halaman 496, hadits nomor 4801:

وَقَدْ أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ : الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْحُسَيْنِ بْنِ فَنْجُوَيْهِ الدِّينَوَرِيُّ بِالدَّامِغَانِ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ السُّنِّيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ الْبَغَوِيُّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِيْ ذِئْبٍ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ خُصَيْفَةَ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ قَالَ : كَانُوْا يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً - قَالَ - 
وَكَانُوْا يَقْرَءُوْنَ بِالْمِئِيْنِ ، وَكَانُوْا يَتَوَكَّئُوْنَ عَلَى عِصِيِّهِمْ فِيْ عَهْدِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مِنْ شِدَّةِ الْقِيَامِ.



....diriwayatkan dari As-Saib Bin Yazid, beliau berkata : “Mereka (para sahabat) melakukan Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih) pada masa Sayyidina Umar Bin Al-Khatthab radhiyallaahu ‘anhu sebanyak 20 rokaat”, beliau berkata : “Mereka membaca ratusan ayat, mereka bersandaran pada tongkat mereka  pada masa Sayyidina Utsman Bin Affan  radhiyallaahu ‘anhu dikarenakan lamanya berdiri”.

Derajat Hadits:
Imam Nawawi mengatakan dalam kitab Khulashatil Ahkam halaman 576, hadits nomor 1961:

 رَوَاهُ الْبَيْهَقِيّ بِإِسْنَاد صَحِيح
(HR. Al Baihaqi dengan isnad yang shahih)




II. QUNUT SUBUH

Dalam Sunan Kubra, lil Baihaqi, juz
2 halaman 201, hadits nomor  3230:

وَأَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّيْرَفِىُّ بِمَرْوٍ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عِيْسَى حَدَّثَنَا أَبُوْ نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ الرَّازِىُّ عَنِ الرَّبِيْعِ بْنِ أَنَسٍ قَالَ : كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ أَنَسٍ فَقِيْلَ لَهُ إِنَّمَا قَنَتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا. فَقَالَ : مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِى صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا. قَالَ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ : هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيْحٌ سَنَدُهُ ثِقَةٌ رُوَاتُهُ

…..(diriwayatkan) dari Ar Rabi’ bin Anas, beliau berkata: Aku duduk disisi Anas, maka dikatakan kepada beliau: Rasulullah qunut hanya satu bulan. Maka beliau berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam selalu qunut didalam shalat ghadaat (shubuh) hingga beliau meninggalkan dunia.
Abu Abdillah berkata: Ini isnad, sanadnya shahih, rawi-rawinya terpercaya.





III. TARHIMAN

Dalam Kitab Fat_hul Bari, Syarh Shahih Bukhari, karya al Hafzih Ibn Rajab al Hanbali, juz 4 halaman 235:

وَخَرَّجَ التِّرْمِذِيُّ مِنْ حَدِيْثِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ، عَنِ الطُّفِيْلِ بْنِ أَبِيْ كَعْبٍ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَانَ إِذَا ذَهَبَ ثُلُثَا اللَّيْلِ قَامَ، فَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ، اذْكُرُوا اللهَ، جَاءَتِ الرَّاجِفَةُ تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ، جَاءَ الْمَوْتُ بِمَا فِيْهِ، جَاءَ الْمَوْتُ بِمَا فِيْهِ. وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ. وَفِيْهِ دَلَالَةٌ عَلَى أَنَّ الذِّكْرَ وَالتَّسْبِيْحَ جَهْرًا فِيْ آخِرِ اللَّيْلِ لَا بَأْسَ بِهِ؛ لِإِيْقَاظِ النُّوَّامِ. وَقَدْ أَنْكَرَهُ طَائِفَةٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ، وَقَالَ: هُوَ بِدْعَةٌ، مِنْهُمْ: أَبُو الْفَرَجِ ابْنُ الْجَوْزِيِّ. وَفِيْمَا ذَكَرْنَاهُ دَلِيْلٌ عَلَى أَنَّهُ لَيْسَ بِبِدْعَةٍ

Attirmidzi mengeluarkan dari haditsnya Abdullah bin Muhammad bin Aqil dari Aththufail bin Abu Ka’b, dari ayahnya, sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika masuk 2/3 malam beliau berdiri seraya bersabda:”Wahai manusia, berdzikirlah kepada Allah, جَاءَتِ الرَّاجِفَةُ تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ , telah datang maut dengan apa yang ada didalamnya, telah datang maut dengan apa yang ada didalamnya”. Attirmidzi berkata: ini hadits hasan.
Didalam hadits ini menjadi petunjuk bahwasanya membaca dzikir dan tasbih dengan suara keras pada akhir malam dengan tujuan membangunkan orang tidur adalah tidak apa-apa. Sebagian ulama mengingkarinya, dia berkata bahwasnya hal tsb adalah bid’ah. Akan tetapi apa yang telah kami tuturkan menunjukkan bahwa hal tsb bukan bid’ah.





IV. TAHLILAN

Dalam Kitab Syu’abil Iman, lil Hafizh Al Baihaqi, juz 10 halaman 300, haadits nomor 7527:

أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ الْأُشْنَانِيُّ، أنا أَبُوْ عَلِيٍّ الْحُسَيْنُ بْنُ  عَلِيٍّ الْحَافِظُ، نا الْفَضْلُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ سُلَيْمَانَ الْأَنْطَاكِيُّ، نا مُحَمَّدُ بْنُ جَابِرِ بْنِ أَبِي عَيَّاشٍ الْمِصِّيْصِيُّ، نا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، نا يَعْقُوْبُ بْنُ الْقَعْقَاعِ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَا الْمَيِّتُ فِي الْقَبْرِ إِلَّا كَالْغَرِيْقِ الْمُتَغَوِّثِ، يَنْتَظِرُ دَعْوَةً تَلْحَقُهُ مِنْ أَبٍ أَوْ أُمٍّ أَوْ أَخٍ أَوْ صَدِيْقٍ، فَإِذَا لَحِقَتْهُ كَانَتْ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا، وَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيُدْخِلُ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ دُعَاءِ أَهْلِ الْأَرْضِ أَمْثَالَ الْجِبَالِ، وَإِنَّ هَدِيَّةَ الْأَحْيَاءِ إِلَى الْأَمْوَاتِ الْاِسْتِغْفَارُ لَهُمْ "

.....dari Abdullah bin Abbas, berkata, Nab shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Tidaklah mayat di alam kubur melainkan laksana orang yang tenggelam yang minta bantuan, mereka menanti do’a yang dilakukan orang hidup yang disampaikan kepadanya, baik dari bapak, ibu, saudara atapun kawan.
Apabila ada do’a  sampai kepadanya maka itulah lebih  mereka sukai daripada dunia beserta isinya. Sesungguhnya Allah akan memasukkan kepada penghuni kubur daripada do’a-do’a penghuni bumi seperti gunung kebaikan, sesungguhnya pemberian hadiah orang hidup terhadap orang mati ialah memohonkan ampunan untuk mereka.


Dalam Kitab Al Hawi Lil Fatawi, lil Imam Assuyuthi, juz 2 halaman 169:

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْ كِتَابِ الزُّهْدِ لَهُ : حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ قَالَ : ثَنَا اَلْأَشْجَعِيُّ عَنْ سُفْيَانَ قَالَ : قَالَ طَاوُسٌ : إِنَّ الْمَوْتَى يُفْتَنُوْنَ فِيْ قُبُوْرِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ أَنْ يُطْعَمَ عَنْهُمْ تِلْكَ الْأَيَّامَ ،

Imam Ahmad bin Hanbal radhiyallaahu ‘anhu berkata didalam KITABUZZUHDI:
Telah menceritakan (kepada)  kami  Hasyim bin Al Qasim, telah menceritakan (kepada) kami Al Asyja’i, dari Sufyan, beliau berkata, Thawus berkata:
“Sesungguhnya orang-orang yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, dianjurkan bagi mereka yang masih hidup mengadakan jamuan makan (sedekah) untuk orang-orang yang sudah meninggal selama hari-hari tersebut.”


Dalam Kitab Nihayatuzzain, lisysyaikh Nawawi Al Bantani,  halaman 281:

وَالتَّصَدُّقُ عَنِ الْمَيِّتِ بِوَجْهٍ شَرْعِيٍّ مَطْلُوْبٌ وَلَا يَتَقَيَّدُ بِكَوْنِهِ فِيْ سَبْعَةِ أَيَّامٍ أَوْ أَكْثَرَ أَوْ أَقَلَّ وَتَقْيِـِيْدُهُ بِبَعْضِ الْأَيَّامِ مِنَ الْعَوَائِدِ فَقَطْ كَمَا أَفْتَى بِذَلِكَ السَّيِّدُ أَحْمَدُ دَحْلَانُ ، وَقَدْ جَرَتْ عَادَةُ النَّاسِ بِالتَّصَدُّقِ عَنِ الْمَيِّتِ فِيْ ثَالِثٍ مِنْ مَوْتِهِ وَفِيْ سَابِعٍ وَفِيْ تَمَامِ الْعِشْرِيْنَ وَفِي الْأَرْبَعِيْنَ وَفِي الْمِائَةِ، وَبَعْدَ ذَلِكَ يُفْعَلُ كُلَّ سَنَةٍ حَوْلًا فِيْ يَوْمِ الْمَوْتِ كَمَا أَفَادَهُ شَيْخُنَا يُوْسُفُ السَّنْبَلَاوَيْنِيُّ


Sedekah untuk mayit dengan tuntunan syara' adalah dianjurkan. Sedekah tersebut tidak terikat dengan hari ketujuh atau lebih atau kurang.
Adapun mengaitkan sedekah dengan sebagian hari adalah merupakan bagian dari adat saja, sebagaimana apa yang difatwakan oleh Sayyid Ahmad Dahlan.

Dan telah berjalan kebiasaan diantara orang-orang yaitu bersedekah untuk mayit pada hari ketiga dari kematiannya dan pada hari ketujuh, dan pada sempurnanya kedua puluh, ke empat puluh dan ke seratus.
Setelah itu dilaksanakanlah haul setiap tahun pada hari kematiannya, sebagaimana yang dijelaskan oleh Syeikh Yusuf as Sanbalawaini.



V. TALQIN MAYYIT

Dalam Kitab Attalkhis Al Habir, lil Hafzih Ibn Hajar, juz 2 halaman 310:


قَوْلُهُ وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يُلَقَّنَ الْمَيِّتُ بَعْدَ الدَّفْنِ فَيُقَالُ يَا عَبْدَ اللهِ يَا ابْنَ أَمَةِ اللهِ اُذْكُرْ مَا خَرَجْتَ عَلَيْهِ مِنْ الدُّنْيَا شَهَادَةَ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ وَأَنَّ الْبَعْثَ حَقٌّ وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيْهَا وَأَنَّ اللهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُوْرِ وَأَنَّكَ رَضِيْتَ بِاللهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَبِالْقُرْآنِ إمَامًا وَبِالْكَعْبَةِ قِبْلَةً وَبِالْمُؤْمِنِيْنَ إخْوَانًا وَرَدَ بِهِ الْخَبَرُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّبَرَانِيُّ عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ "إذَا أَنَا مِتُّ فَاصْنَعُوْا بِيْ كَمَا أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَصْنَعَ بِمَوْتَانَا أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ "إذَا مَاتَ أَحَدٌ مِنْ إخْوَانِكُمْ فَسَوَّيْتُمْ التُّرَابَ عَلَى قَبْرِهِ فَلْيَقُمْ أَحَدُكُمْ عَلَى رَأْسِ قَبْرِهِ ثُمَّ لْيَقُلْ يَا فُلَانُ بْنَ فُلَانَة . وَإِسْنَادُهُ صَالِحٌ وَقَدْ قَوَّاهُ الضِّيَاءُ فِي أَحْكَامِهِ 

 “....Talqin mayyit setelah dikuburkan terdapat dalam hadts Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, riwayat Imam Thabarani dari Abu Umamah, (beliau berkata): Jika aku meninggal maka lakukanlah untukku sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam  perintahkan untuk kita lakukan terhadap orang-orang yang meninggal diantara kita. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kita, beliau berkata: Jika salah seorang saudara kalian meninggal lalu kalian timbunkan tanah di atas kuburnya, maka hendaklah salah seorang dari kalian berdiri di dekat kepalanya, lalu mengatakan: Wahai Fulan anak Fulanah…………..dst
Sanad hadits ini Shalih dan al-Hafizh adl-Dliya' menganggapnya kuat dalam kitab Ahkam-nya


 
VI. SEPUTAR CELANA CINGKRANG

Dalam Shahih Bukhari  juz XIV halaman 454, hadits nomor 5787:

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ سَعِيْدٍ اَلْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا أَسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ مِنَ الْإِزَارِ فَفِي النَّارِ

Telah menceritakan (kepada) kami Adam, telah menceritakan (kepada) kami Syu’bah, telah menceritakan (kepada) kami Sa’id bin Abu Sa’id Al Maqburi, dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu n’alaihi wasallam, beliau bersabda: “Apa yang ada di bawah kedua mata kaki berupa sarung (kain) maka tempatnya di neraka.”

 Dalam Musnad Ahmad juz II halaman 104, hadits nomor 5327:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ ثَنَا أَسْبَاطُ بْنُ مُحَمَّدٍ ثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ عَنْ مُسْلِمِ بْنِ يَنَّاقٍ قَالَ كُنْتُ جَالِسًا مَعَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ فِي مَجْلِسِ بَنِيْ عَبْدِ اللهِ فَمَرَّ فَتًى مُسْبِلًا إِزَارَهُ مِنْ قُرَيْشٍ فَدَعَاهُ عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ فَقَالَ مِمَّنْ أَنْتَ فَقَالَ مِنْ بَنِي بَكْرٍ فَقَالَ تُحِبُّ أَنْ يَنْظُرَ اللهُ تَعَالَى إِلَيْكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ نَعَمْ قَالَ اِرْفَعْ إِزَارَكَ فَإِنِّيْ سَمِعْتُ أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَوْمَأَ بِإِصْبَعِهِ إِلَى أُذُنَيْهِ يَقُوْلُ مَنْ جَرَّ إِزَارَهُ لَا يُرِيْدُ إِلَّا الْخُيَلَاءَ لَمْ يَنْظُرِ اللهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ . تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط مسلم

…dari Muslim bin Yannaq, ia berkata: Aku pernah duduk bersama Abdullah bin Umar dalam majlis Bani Abdullah. Lalu ada seorang pemuda Quraisy lewat dengan menjulurkan kain sarungnya, maka Abdullah bin Umar memanggilnya seraya bertanya: Dari Bani siapa kamu? Ia menjawab: Dari bani Bakar. Ibnu Umar bertanya lagi: Apakah kamu ingin allah ta’ala melihatmu pada  hari kiamat? Ia menjawab: ya. Ibnu Umar lalu berkata: angkatlah kain sarungmu. Sesungguhnya aku mendengar Abul Qasim shallallaahu ‘alaihi wasallam –seraya mengarahkan jarinya ke telinga-  bersabda: “Barang siapa menjulurkan kain sarungnya  tidak ada motivasi kecuali rasa sombong, maka Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat.”




Al Hafizh Ibnu Hajar dalam kitab Fat_hul Bari juz 10 halaman 264 menjelaskan:

وَأَمَّا الْإِسْبَالَ لِغَيْرِ الْخُيَلَاءِ فَظَاهِرُ الْأَحَادِيْثِ تَحْرِيْمُهُ أَيْضًا، لَكِنْ اُسْتُدِلَّ بِالتَّقْيِيْدِ فِي هَذِهِ الْأَحَادِيْثِ بِالْخُيَلَاءِ عَلَى أَنَّ الْإِطْلَاقَ فِي الزَّجْرِ الْوَارِدِ فِيْ ذَمِّ الْإِسْبَالِ مَحْمُوْلٌ عَلَى الْمُقَيَّدِ هُنَا، فَلَا يَحْرُمُ الْجَرُّ وَالْإِسْبَالُ إِذَا سَلِمَ مِنَ الْخُيَلَاءِ

Adapun Isbal tanpa kesombongan, maka zhahir hadits-hadits  juga diharamkan. Akan tetapi bisa juga berdalil dengan adanya taqyid pada hadis-hadis dengan kondisi sombong untuk disimpulkan bahwa larangan isbal yang ada saat mencela isbal dibawa apada nash yang muqayyad, sehingga tidaklah haram menyeret pakaian dan Isbal jika aman dari kesombongan.



VII. ADAKAH BID’AH HASANAH?

Definisi Bidah
Bid’ah, sebagaimana dijelaskan oleh Imam Nawawi didalam Kitab Tahdzibul Asmaa’ wal Lughaat juz 3 halaman 22  ialah:



اَلْبِدْعَةُ بِكَسْرِ الْبَاءِ فِي الشَّرْعِ هِيَ إِحْدَاثُ مَا لَمْ يِكُنْ فِيْ عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Bid’ah didalam syara’ adalah mengada-adakan perkara yang tidak ada pada masa Rasulullah shalullah shallallahu ‘alahi wa sallam


Dalam Kitab Hilyatul Auliya karya Abu Nu’eim Ahmad ibn Abdullah al Ashbahani juz IX halaman 113, cetakan ke IV tahun 1405 H, Daar al Kitaab al ‘Araby:

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ الْآجُرِّي ثَنَا عَبْدُاللهِ بْنِ مُحَمَّدٍ العطشي ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ الْجُنَيْدِ ثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى قَالَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِدْرِيْسَ الشَّافِعِيَّ يَقُوْلُ اَلْبِدْعَةُ بِدْعَتَانِ بِدْعَةٌ مَحْمُوْدَةٌ وَبِدْعَةٌ مَذْمُوْمَةٌ فَمَا وَافَقَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَحْمُوْدٌ وَمَا خَالَفَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَذْمُوْمٌ                                    وَاحْتَجَّ بِقَوْلِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فِيْ قِيَامِ رَمَضَانَ نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ هِيَ                                                                 
. Berkata Imam Asy Syafi’i Radhiallahu ‘Anhu: “Bid’ah itu ada dua; bid’ah terpuji dan bid’ah tercela. Maka, apa-apa saja yang sesuai dengan sunah maka itu terpuji, dan apa-apa saja yang menyelisihi sunah maka itu tercela.” Beliau beralasan dengan ucapan Umar dalam qiyam Ramadhan: “Sebaik-baiknya bid’ah adalah ini.

Dalam kitab Syarh Muslim, linnawawi, juz  3 halaman 247:

قَوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ هَذَا عَاٌم مَخْصُوْصُ ، وَالْمُرَادُ غَالِبُ الْبِدَعِ

Sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam “WA KULLU BID’ATIN DHALAALAH”
 ”Setiap bid’ah adalah sesat” , ini termasuk ‘am makhshus (lafazh umum yang dikhususkan). Yang dikehendaki ialah umumnya bid’ah

al Hafzih Ibnu Hajar menjelaskan dalam kitab Fat_hul Bari, syarh Shahih Bukhari juz 2 halaman 394, beliau mengomentari apa yang dikatakan oleh shahabat Ibn Umar bahwasanya adzan pertama adalah Bid’ah:

وَكُلُّ مَا لَمْ يَكُنْ فِيْ زَمَنه يُسَمَّى بِدْعَةً ، لَكِنَّ مِنْهَا مَا يَكُوْنُ حَسَنًا وَمِنْهَا مَا يَكُوْنُ بِخِلَافِ ذَلِكَ

Setiap perkara yang tidak ada di zaman Nabi dinamakan bid'ah, akan tetapi diantara bid'ah ada yang hasan (bid'ah yang bagus), diantaranya ada pula yang tidak demikian.





VIII. TAWASSUL


Pengertian Tawassul
1.Imam Ibnul Atiser dalam Kitab An-Nihaayah Fii Ghariibil Atsar  juz 5 halaman 402:

هِيَ فِي الْأَصْلِ : مَا يُتَوَصَّلُ بِهِ إِلَى الشَّيْءِ وَيُتَقَرَّبُ بِهِ وَجَمْعُهَا : وَسَائِلُ

Wasilah menurut bahasa berarti segala hal yang dapat menyampaikan dan mendekatkan kepada sesuatu. Bentuk jamaknya adalah Wasaa-il

Hadhratusysyaikh KH.Hasyim Asy’ari dalam kitab an-Nurul Mubin fi Mahabbati Sayyidil Mursalin halaman 70-71 menulis tentang makna tawassul:

وَمَعْنَى التَّوَسُّلِ أَنْ يَسْأَلَ الْعَبْدُ اللهَ تَعَالَى بِمَنْ يُقْطَعُ أَنَّ لَهُ عِنْدَ اللهِ قَدْرا وَمَرْتَبَةً كَالْأَنْبِيَاءِ وَالْأَوْلِيَاءِ فَإِنَّ لَهُمْ عِنْدَ اللهِ قَدْرًا عَلِيًّا وَمَرْتبَةً رَفِيْعَةً وَجَاهًا عَظِيْمًا
Makna tawassul ialah seseorang memohon kepada Allah dengan perantara orang yang dinyatakan bahwasanya dia mempunyai pangkat dan martabat disisi Allah seperti para nabi dan para wali. Mereka semua mempunyai pangkat yang tinggi, martabat yang luhur dan kehormatan yang agung disisi Allah
 
وَعَلَى هَذَا اَلتَّوَسُّلُ بِالنَّبِيِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ وَالْأَوْلِيَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ, وَلَسْنَا فِيْ ذَلِكَ سَائِلِيْنَ غَيْرَ اللهِ تَعَالَى وَلَا دَاعِيْنَ إِلَّا إِيَّاهُ

Tawassul dengan Nabi ‘alaihishshalaatu wasallam, para wali dan orang-orang saleh. Kami dalam bertawassul tidak meminta selain Allah, dan tidak berdoa kecuali kepada_Nya


Dalil Tawassul
Dalam Sunan Tirmidzi juz 13 halaman 124,  hadits nomor 3927:

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِى جَعْفَرٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّ رَجُلاً ضَرِيرَ الْبَصَرِ أَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يُعَافِيَنِى. قَالَ « إِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ وَإِنْ شِئْتَ صَبَرْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ ». قَالَ فَادْعُهُ. قَالَ فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوءَهُ وَيَدْعُوَ بِهَذَا الدُّعَاءِ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ إِنِّى تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّى فِى حَاجَتِى هَذِهِ لِتُقْضَى لِى اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِىَّ ». قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ لاَ نَعْرِفُهُ إِلاَّ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ مِنْ حَدِيثِ أَبِى جَعْفَرٍ وَهُوَ غَيْرُ الْخَطْمِىِّ وَعُثْمَانُ بْنُ حُنَيْفٍ هُوَ أَخُو سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ

Dari Utsman bin Hunaif: "Suatu hari seorang yang lemah dan buta datang kepada Rasulullah s.a.w. berkata: "Wahai Rasulullah, aku tidak mempunyai orang yang menuntunku dan aku merasa berat" Rasulullah berkata"Ambillah air wudlu, lalu beliau berwudlu dan sholat dua rakaat, dan berkata:"bacalah doa (artinya)" Ya Allah sesungguhnya aku memintaMu dan menghadap kepadaMu melalui nabiMu yang penuh kasih sayang, wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap kepadamu dan minta tuhanmu melaluimu agar dibukakan mataku, Ya Allah berilah ia syafaat untukku dan berilah aku syafaat". Utsman berkata:"Demi Allah kami belum lagi bubar dan belum juga lama pembicaraan kami, orang itu telah datang kembali dengan segar bugar”


Wallaahu A’lamu Bishshowaab
Pekalongan, 5 Ramadhan 1436 / 15 Jun 2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar