Kamis, 18 Juni 2015

PENETAPAN BULAN RAMADHAN & SYAWWAL

TERJEMAH HUJJAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH
(k
arya:  KH Ali Maksum)


PENETAPAN BULAN RAMADHAN & SYAWWAL
ثُبُوْتُ شَهْرَيْ رَمَضَانَ وَشَوَّالٍ

فَفِي هَذَا الزَّمَانِ, أَيْ مُنْذُ نِصْفِ قَرْنٍ تَقْرِيْبًا فِيْ إِنْدُوْنِيْسِيَا مَثَلًا, يَثُوْرُ بَيْنَ الْمُسْلِمِيْنَ جَدَلٌ وَمِرَاءٌ حَوْلَ ثُبُوْتِ الشَّهْرَيْنِ رَمَضَانَ وَ شَوَّالٍ, لِتَعْيِيْنِ  أَوَّلِ رَمَضَانَ لِابْتِدَاءِ الصَّوْمِ, وَشَوَّالٍ لِعِيْدِ الْفِطْرِ.

Pada masa kini, kira-kira sejak setengah abad yang lalu di Indonesia misalnya, pernah terjadi perdebatan yang cukup seru di kalangan kaum muslimin seputar penetapan awal ramadhan untuk memulai berpuasa dan awal Syawal untuk berhari raya idul fitri.

وَنَحْنُ نَنْصَحُ  ذَوِى الشَّأْنِ اَنْ يُفَصِّلُوْا فِي الْمَسْأَلَةِ بِالرُّجُوْعِ إِلَى الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَالْاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا وَاجْتِنَابِ التَّفَرُّقِ. فَإِنَّ بَدْأَ الصِّيَامِ وَيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ مِنْ شَعَائِرِ اللهِ تَعَالَى وَمِنْ مَعَالِمِ تَوْحِيْدِ الْكَلِمَةِ عَلَى كَلِمَةِ التَّوْحِيْدِ.

Kami berpesan kepada para ulama yang  berkompeten agar mengkaji masalah ini dengan semangat kembali kepada Al-Qur`an dan Assunnah, serta berpegang teguh kepada tali agama Allah (hablullah) secara menyeluruh dan menghindari perpecahan. Karena penetapan awal puasa dan hari raya idul fitri merupakan sebagian dari syi’ar Allah dan simbol penyatuan kata melalui kalimat tauhid : La ilaaha illallaah.

وَهُنَا تَحْقِيْقَاتٌ عِلْمِيَّةٌ شَرْعِيَّةٌ قَامَ بِهَا أَئِمَّةٌ أَعْلَامٌ, كَانَ مِنْ نَتَائِجِهَا اَنْ عَلِمْنَا :

Dalam persoalan ini, para ulama` besar dunia melakukan kajian secara ilmiyyah syar’iyyah. Diantara kesimpulan yang perlu kita ketahui adalah :

(1)أَنَّ أَئِمَّةِ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ أَجْمَعَتْ عَلَى أَنَّ شَهْرَ رَمَضَانَ لَا يَثْبُتُ إِلَّا بِأَحَدِ أَمْرَيْنِ : رُؤْيَةِ هِلَالِهِ أَوْ إِكْمَالِ شَعْبَانَ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا, اِذَا كَانَ هُنَاكَ مَا يَمْنَعُ الرُّؤْيَةَ مِنْ غَيْمٍ اَوْ دُخَانٍ اَوْ غُبَارٍ اَوْ نَحْوِهَا.

      1.   Imam madzhab empat sepakat, bahwa penetapan awal bulan ramadhan tiada lain adalah melalui salah satu dari dua cara, yaitu ru`yatul hilal, atau menyempurnakan bilangan tiga puluh hari bulan Sya’ban, jika hilal tidak berhasil di-rukyat disebabkan terhalang oleh mendung, awan, debu dan sejenisnya.
   

(2) وَأَنَّهُمْ أَجْمَعُوْا أَيْضًا عَلَى أَنَّ دُخُوْلَ  شَوَّالٍ يَثْبُتُ كَذَلِكَ بِرُؤْيَةِ هِلَالِهِ. فَإِنْ لَمْ يُرَ هِلَالُ شَوَّالٍ  وَجَبَ إِكْمَالُ رَمَضَانَ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا.

      2. Mereka sepakat, bahwa masuknya awal bulan syawal juga ditetapkan  dengan cara seperti di atas, yakni  dengan rukyatul hilal. Jika hilal syawal tidak berhasil di-rukyat, maka wajib menyempurnakan bulan ramadhan tiga puluh hari.

(3) وَأَنَّ سِيْرَةَ الْمُسْلِمِيْنَ جَمِيْعًا عَلَى ذَلِكَ بِدُوْنِ اسْتِثْنَاءٍ, اِذْ لَمْ نَقِفْ عَلَى خِلَافٍ لَهُ مِنْ أَهْلِ  الْقِبْلَةِ خَارِجَ أَهْلِ السُّنَّةِ وَ الْجَمَاعَةِ قَبْلَ ظُهُوْرِ الْخِلَافِ فِي الزَّمَنِ الْأَخِيْرِ.

3. Seluruh kaum muslimin pada dasarnya telah melakukan “tradisi keagamaan” seperti itu, tanpa kecuali, karena kami tidak melihat adanya perbedaan pendapat di kalangan ahli qiblat (orang Islam) di luar ahlissunnah waljama’ah, sebelum munculnya perselisihan pendapat akhir-akhir ini.

(4) وَأَنَّ اَهْلَ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ وَ غَيْرَهُمْ أَجْمَعُوْا كُلُّهُمْ عَلَى عَدَمِ جَوَازِ الْعَمَلِ بِالْحِسَابِ. هَذَا بِالنِّسْبَةِ لِلْعُمُوْمِ. وَأَمَّا بِالنِّسْبَةِ لِلْحَاسِبِ نَفْسِهِ وَتَلَامِيْذِهِ فَقَدْ جَوَّزَهُ الْإِمَامُ الشَّافِعِيُّ  وَحْدَهُ. وَ أَمَّا غَيْرُهُ مِنَ الْأَئِمَّةِ, سَوَاءٌ مِنْ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ وَغَيْرِهِمْ فَقَالُوْا بِالْمَنْعِ مُطْلَقًا, اَيْ لِلْعُمُوْمِ وَ الْخُصُوْصِ.


      4.  Baik Ahlusunnah Waljama’ah  maupun golongan lainnya, kesemuanya menyepakati ketidakbolehan menggunakan hisab dalam menentukan awal Ramadhan dan awal syawal, jika hal ini diberlakukan untuk kalangan umum. Namun, jika terbatas untuk kalangan ahli hisab sendiri beserta para muridnya, hanya imam Syafi’i saja yang memperbolehkannya. Sedangkan para ulama’ lainnya, baik dari kalangan Ahlussunnah wal Jama’ah maupun golongan lainnya tidak memperbolehkannya secara mutlak, baik untuk kalangan umum maupun kalangan terbatas.


(5) وَأَنَّ الْعِبْرَةَ فِيْ ثُبُوْتِ شَهْرَيْ رَمَضَانَ وَشَوَّالٍ بِرُؤْيَةِ الْهِلَالِ, لَا بِوُجُوْدِهِ بِالْفِعْلِ فِي الْوَاقِعِ الَّذِيْ قَدْ يُعْرَفُ مِنْ طَرِيْقِ الْحِسَابِ.


      5.  Yang dianggap sah dalam penetapan awal bulan ramadhan dan syawal adalah dengan cara melihat hilal, bukan dengan terwujudnya hilal­ yang terjadi dalam kenyataan (wujudul hilal bil fi’li fil waqi’) yang terkadang dapat diketahui melalui jalan hisab.

 هَذِهِ النَّتَائِجُ الْخَمْسُ مَعْلُوْمَةٌ مِنَ التَّحْقِيْقَاتِ الْآتِيَةِ :

Kelima kesimpulan tersebut diketahui dari hasil kajian sebagai berikut :

وَفِيْ الْفِقْهِ عَلَى الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ يَثْبُتُ شَهْرُ رَمَضَانَ بِأَحَدِ أَمْرَيْنِ : اَلْأَوَّلُ رُؤْيَةُ هِلَالِهِ إِذَا كَانَتِ السَّمَاءُ خَالِيَةً  مِمَّا يَمْنَعُ الرُّؤْيَةَ مِنْ غَيْمٍ اَوْ دُخَانٍ اَوْ غُبَارٍ اَوْ نَحْوِهَا. اَلثَّانِيْ إِكْمَالُ شَعْبَانَ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا إِذَا لَمْ تَكُنِ السَّمَاءُ خَالِيَةً مِمَّا ذُكِرَ, لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ, فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوْا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِيْنَ (رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ, عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ ).

Didalam kitab Al-Madzahibul Arba’ah dijelaskan, bahwa awal bulan Ramadhan ditetapkan berdasarkan salah satu dari dua cara : Pertama, dengan cara rukyatul hilal jika langit cerah dan terbebas dari sesuatu yang menghalangi keberhasilan rukyat seperti mendung, kabut, debu dan sejenisnya. Kedua, dengan menyempurnakan bilangan bulan sya’ban 30 hari, jika langit tidak cerah atau terhalang oleh sesuatu yang menyebabkan ketidakberhasilan rukyat, berdasarkan sabda  Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam:
          Artinya : “Berpuasalah karena berhasil melihat hilal dan berbukalah (beridul fitri) karena berhasil melihat hilal. Jika terjadi mendung, maka sempurnakanlah bilangan bulan sya’ban berumur tigapuluh hari”. (HR al-Bukhari, dari Abi Hurairah ra).

 وَفِيْ قَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ", وَجَدْنَا الْحَنَابِلَةَ يَحْتَاطُوْنَ, فَقَالُوْا : إِذَا غُمَّ الْهِلَالُ فِيْ غُرُوْبِ الْيَوْمِ التَّاسِعِ وَ الْعِشْرِيْنَ مِنْ شَعْبَانَ, فَلَا يَجِبُ إِكْمَالُ شَعْبَانَ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا وَوَجَبَ عَلَيْهِ تَبْيِيْتُ النِّيَّةِ وَصَوْمُ  الْيَوْمِ التَّالِيْ لِتِلْكَ اللَّيْلَةِ, سَوَاءٌ كَانَ فِي الْوَاقِعِ مِنْ شَعْبَانَ اَوْ مِنْ رَمَضَانَ, وَيَنْوِيْهِ عَنْ رَمَضَانَ. فَإِنْ ظَهَرَ فِيْ أَثْنَائِهِ أَنَّهُ مِنْ شَعْبَانَ لَمْ يَجِبْ إِتْمَامُهُ.

Mengenai sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam  : “Fa in ghumma ‘alaikum” (jika terjadi mendung atas kalian), kami menemukan pendapat dari ulama Hanabilah yang bersikap hati-hati, bahwa yang dimaksudkannya adalah jika hilal terhalang mendung ketika matahari tenggelam pada tanggal 29 Sya’ban, maka tidak perlu menyempurnakan bulan sya’ban 30 hari, namun wajib menginapkan niat puasa di malam harinya dan berpuasa pada hari berikutnya, baik hari itu menurut kenyataannya masih termasuk bulan sya’ban ataupun sudah masuk bulan ramadhan, kemudian berniat puasa ramadhan. Jika di tengah menjalankan puasanya itu ternyata terbukti bahwa hari itu termasuk bulan Sya’ban, maka ia tidak perlu meneruskan puasanya.

قَوْلُهُمْ هَذَا بِالنِّسْبَةِ لِأَوَّلِ رَمَضَانَ. وَأَمَّابِالنِّسْبَةِ  لِآخِرِهِ,فَإِنَّهُمْ كَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَفِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ فِي الْقَوْلِ بِوُجُوْبِ إِكْمَالِ رَمَضَانَ ثَلَاثِيْنَ  يَوْمًا إِذَا غُمَّ عَلَيْهِمْ .كُلُّ ذَلِكَ عَمَلًا بِالْاِحْتِيَاطِ فِي الْعِبَادَةِ.

Pendapat Hanabilah tersebut berkaitan dengan pelaksanaan awal bulan Ramadhan. Jika berkaitan dengan akhir bulan Ramadhan, mereka berpendapat sama seperti yang dikemukakan oleh ulama syafi’iyah, hanafiyah dan malikiyah, yaitu wajib menyempurnakan bilangan 30 hari bulan ramadhan, jika terjadi mendung (sehingga hilal tidak berhasil di-rukyat). Kesemuanya itu sebagai bentuk kehati-hatian mereka dalam beribadah.

هَكَذَا أَجْمَعَ أَئِمَّةُ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ عَلَى الرُّؤْيَةِ  اَوِ الْإِكْمَالِ فَقَطْ. فَلَيْسَ عِنْدَهُمْ طَرِيْقٌ آخَرُ غَيْرُهَا. وَذَلِكَ عَمَلًا بِالْحَدِيْثِ الْمَذْكُوْرِ.

Itulah hasil kesepakatan para imam madzhab empat hanya tentang rukyat dan ikmal saja. Tidak ada cara lain menurut mereka, selain dengan jalan rukyat atau ikmal. Hal ini sebagai bentuk pengamalan mereka terhadap hadis yang dituturkan di muka

فَلَا عِبْرَةَ  بِقَوْلِ الْمُنَجِّمِيْنَ أَيْ أَهْلِ الْحِسَابِ عِنْدَهُمْ. فَلَا يَجِبُ عِنْدَهُمْ عَلَى أَهْلِ الْحِسَابِ أَنْفُسِهِمْ اَلصَّوْمُ, وَعَلَى مَنْ وَثِقَ بِهِمْ, غَيْرَ أَنَّ الْإِمَامَ الشَّافِعِيَّ وَالشَّافِعِيَّةَ قَالُوْا : يُعْتَبَرُ قَوْلُ الْمُنَجِّمِ فِيْ حَقِّ نَفْسِهِ وَحَقِّ مَنْ صَدَّقَهُ, وَلَا يَجِبُ الصَّوْمُ عَلَى عُمُوْمِ النَّاسِ بِقَوْلِهِ عَلَى الرَّاجِحِ.


Dengan begitu, pendapat ahli nujum  atau ahli hisab dipandang tidak sah, sehingga tidak wajib atas diri mereka sendiri untuk berpuasa berdasarkan hasil hisab-nya dan juga tidak wajib atas orang-orang yang percaya kepada ucapan ahli hisab tersebut.Hanya saja, imam Syafi’iy dan ulama syafi’iyah mengatakan, bahwa pendapat ahli nujum atau ahli hisab dianggap sah (boleh diikuti) terbatas untuk ahli hisab itu sendiri dan orang-orang yang membenarkannya. Sedangkan kaum muslimin pada umumnya tidak wajib berpuasa atas dasar pendapat ahli hisab tersebut, menurut pendapat yang rajih (unggul, terkuat).

وَاحْتَجَّ الْمَانِعُوْنَ بِأَنَّ الشَّارِعَ عَلَّقَ الصَّوْمَ عَلَى أَمَارَةٍ ثَابِتَةٍ لَا تَتَغَيَّرُ أَبَدًا, وَهِيَ رُؤْيَةُ الْهِلَالِ أَوْ إِكْمَالُ الْعِدَّةِ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا.

Ulama yang menolak penggunaan hisab berargumentasi, bahwa Syari’ (Allah dan Rasul-Nya) menggantungkan pelaksanaan puasa kepada tanda-tanda (fenomena alam) yang tetap lagi tidak berubah selamanya, yaitu dengan cara me-rukyat hilal dan ikmal, yakni menyempurnakan usia bulan 30 hari.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : تَرَائَ النَّاسُ الْهِلَالَ فَأَخْبَرْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنِّيْ رَأَيْتُهُ, فَصَامَ وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ . (رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ وَ الْحَاكِمُ).

Dari Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhumaa, beliau berkata:
          Artinya : “Orang-orang sama melihat hilal, lantas aku kabarkan kepada Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bahwa aku melihatnya, lantas beliau berpuasa dan memerintahkan kepada para sahabat agar berpuasa” (HR Abu Dawud, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan al-Hakim)

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا, أَنَّ أَعْرَابِيًّا جَاءَ اِلىَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَقَالَ : إِنِّيْ رَأَيْتُ الْهِلَالَ, فَقَالَ : أَتَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ ؟. قَالَ : نَعَمْ. قَالَ : أَتَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ؟. قَالَ : نَعَمْ. قَالَ : فَأَذِّنْ فِي النَّاسِ يَا بِلَالُ, اَنْ  يَصُوْمُوْا غَدًا.(رَوَاهُ الْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ  ابْنُ خُزَيْمَةَ وَ ابْنُ حِبَّانَ).

Riwayat dari Ibnu Abbas radhiyallaahu ‘anhumaa:
          Artinya : “Seorang A’rabiy datang menemui Rasulullah SAW seraya berkata, “Aku telah melihat hilal”. Beliau bertanya, “Apakah Anda bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah?”. “Ya, benar!”, jawabnya. Beliau bertanya lagi, “Apakah Anda bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah?”. “Ya, benar!”, jawabnya. Beliau lantas bersabda : “Wahai Bilal, umumkan kepada semua orang, agar mereka berpuasa besok”. (HR al-Khamsah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).


قُلْتُ : مِنْ هُنَا نَفْهَمُ أَنَّ الْعِبْرَةَ بِرُؤْيَةِ الْهِلَالِ لَا بِوُجُوْدِهِ وَلَا بِالْعِلْم بِوُجُوْدِهِ مِنْ طُرُقٍ حِسَابِيَّةٍ. وَهَذِهِ     الْأَحَادِيْثُ تُفَسِّرُ مَعْنَى  قَوْلِهِ تَعَالَى : فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ – أَيْ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمْ دُخُوْلُ الشَّهْرِ بِرُؤْيَةِ الْهِلَالِ فَعَلَى كُلِّ مَنْ رَآهُ  أَوْ ثَبَتَتْ عِنْدَهُ رُؤْيَةُ غَيْرِهِ اَنْ يَصُوْمَهُ. (رَاجِعْ تَفْسِيْرَ الْجَلَالَيْنِ وَ حَاشِيَةَ الصَّاوِي عَلَيْهِ).

Menurut saya, dari sini dapat kita pahami, bahwa yang dianggap sah dalam menentukan awal Ramadhan dan Syawal, adalah dengan cara melihat hilal,  bukan sebab terwujudnya hilal, dan bukan dengan mengetahui wujudnya hilal melalui berbagai metode hisab.
Hadis-hadis tentang rukyatul hilal tersebut merupakan penafsiran terhadap isi kandungan firman Allah :
          Artinya : “… Karena itu, barangsiapa di antara kamu menyaksikan bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, …” (QS al-Baqarah: 185).
Maksudnya, siapa saja yang menyaksikan masuknya bulan dengan cara rukyatul hilal, maka wajib berpuasa bagi orang yang melihatnya dan orang yang mendengar kabar dari orang yang melihathilal. (Lihat : Tafsir al-Jalalain dan Hasyiyah ash-Shawi).

وَهَذَا الْاِحْتِجَاجُ يُعَزِّزُ الْقَوْلَ بِأَنَّ الْعِبْرَةَ فِيْ ثُبُوْتِ شَهْرَيْ رَمَضَانَ وَ شَوَّالٍ بِرُؤيَةِ الْهِلَالِ لَا بِوُجُوْدِهِ الَّذِيْ قَدْ يُعْرَفُ مِنْ طَرِيْقِ الْحِسَابِ , أَوْ إِكْمَالِ شَعْبَانَ لِلصَّوْمِ أَوْ رَمَضَانَ لِلْعِيْدِ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا.

Argumentasi tersebut memperkuat pendapat bahwa yang dianggap sah dalam menetapkan awal bulan Ramadhan dan Syawal adalah dengan cara rukyat (melihat hilal)dan bukan disebabkan oleh wujudnya hilal sebagaimana yang diketahui melalui hisab, atau dengan cara ikmal, yakni menyempurnakan bulan Sya’ban (30 hari) untuk memulai berpuasa dan menyempurnakan bulan ramadhan untuk ber-idul fitri.

أَمَّا قَوْلُ الْمُنَجِّمِيْنَ, فَهُوَ : وَاِنْ كَانَ مَبْنِيًّا عَلَى قَوَاعِدَ دَقِيْقَةٍ, فَإِنَّا نَرَاهُمْ تَخْتَلِفُ  آرَاؤُهُمْ  فِيْ أَغْلَبِ الْأَحْيَانِ.

Pendapat ahli hisab, sekalipun hal itu didasarkan pada kaidah-kaidah ilmu hisab yang cukup rumit, saya benar-benar menyaksikan ternyata masih terjadi perselisihan di kalangan mereka. Dengan kata lain, hasil perhitungan mereka sering berbeda.

ثُمَّ إِنَّ الْحَدِيْثَ الْمَذْكُوْرَ يُفْهَمُ مِنْهُ عَدَمُ اعْتِبَارِ الْحِسَابِ إِذْ حَصَرَ الْأَمَارَةَ فِي الرُّؤيَةِ أَوِ الْإِكْمَالِ. وَ الْحِسَابُ قَدْ يُنَاقِضُ الْإِكْمَالَ.

Kemudian hadis-hadis tersebut tidak mengindikasikan perlunya menggunakan hisab, tetapi membatasi tanda-tanda masuknya suatu bulan dengan cara rukyat atau ikmal. Sementara cara hisab terkadang tidak sesuai (berbeda hasilnya) dengan ikmal.

وَيَثْبُتُ شَوَّالٌ أَيْضًا بِمِثْلِ مَا يَثْبُتُ بِهِ رَمَضَانُ, إِجْمَاعًا بَيْنَ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ وَغَيْرِهَا خَارِجَ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ. فَإِلَيْكَ الْآنَ قَوْلَ السَّيِّدِ ابْنِ الْقَاسِمِ الْخُوْئِيِّ, وَهُوَ مِنْ عُلَمَاءِ الشِّيْعَةِ الْإِمَامِيَّةِ, قَالَ : وَلَا عِبْرَةَ بِغَيْرِ مَا ذَكَرْنَا (أَيْ رُؤْيَةِ هِلَالِ رَمَضَانَ أَوْ مُضِيِّ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا مِنْ شَعْبَانَ) مِنْ قَوْلِ الْمُنَجِّمِ, وَ نَحْوِ ذَلِكَ … إِلَى أَنْ قَالَ : لَا بُدَّ فِيْ ثُبُوْتِ هِلَالِ شَوَّالٍ مِنْ تَحْقِيْقِ أَحَدِ الْأُمُوْرِ الْمُتَقَدِّمَةِ (يَعْنِيْ رُؤْيَةَ الْهِلَالِ وَشَهَادَةَ عَدْلَيْنِ اَوْ إِكْمَالَ الْعِدَّةِ ثَلَاثِيْنَ). فَلَوْ لَمْ يَثْبُتْ شَيْئٌ  مِنْهَا لَمْ يَجُزْ اَلْإِفْطَارُ. (اَلْمَسَائِلُ الْمُنْتَجِنَةُ لِلْخُوْئِيِّ, اَلطَّبْعَةُ الثَّانِيَةُ, بِمَطْبَعَةِ الْأَدَابِ فِي النَّجْفِ سَنَةَ 1382هـ, صَحِيْفَة 149).


Cara penetapan bulan Syawal juga sama seperti penetapan bulan Ramadhan berdasarkan ijma’ di kalangan ulama madzhab empat dan ulama lain diluar Ahlussunnah wal Jamaah. Sehubungan dengan ini, perlu saya paparkan kepada Anda pendapat as-Sayyid Ibnul Qasim al-Khu`iy, seorang ulama dari kalangan Syi’ah al-Imamiyah, yang menyatakan bahwa  pendapat ahli hisab dan yang serupa dengannya dipandang tidak sah, selain apa yang telah kami jelaskan – yakni rukyatul hilal ramadhan atau ikmal bulan Sya’ban 30 hari…..  Demikian pula penetapan 1 Syawal juga mesti menggunakan salah satu dari dua cara seperti di muka -- yakni dengan rukyatul hilal disertai kesaksian dua orang saksi yang adil, atau dengan menggenapkan bilangan 30 hari. Jika tidak ditetapkan seperti itu, maka tidak boleh berbuka. (Lihat : Al-Masail al-Muntajinah, karya Al-Khu`iy, cet.2, Mathba’ah al-Adab di Najaf, th.1382 H, hal. 149).


Wallaahu A'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar