Kamis, 18 Juni 2015

SHALAT TARAWIH





TERJEMAH HUJJAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH
(k
arya:  KH Ali Maksum)


SHALAT TARAWIH

اَلـــتَّرَاوِيْحُ

اِنْ كَانَ هُنَا خِلَافٌ, فَهُوَ أَيْضًا مِمَّا يَنْبَغِيْ عَدَمُ تَبَادُلِ الْإِنْكَارِ بِشَأْنِهِ. وَهِيَ عِنْدَنَا نَحْنُ الشَّافِعِيَّةَ, بَلْ وَفِيْ مَذْهَبِ أَهْلِ السُّنَّةِ وَ الْجَمَاعَةِ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً. وَهِيَ سُنَّةُ عَيْنٍ  مُؤَكَّـدَةٌ لِلرِّجَالِ وَ النِّسَاءِ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَ الْحَنَابِلَةِ وَالْمَالِكِيَّةِ. وَتُسَنُّ فِيْهَا الْجَمَاعَةُ عَيْنًا عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ وَ الْحَنَابِلَةُ. وَالْمَالِكِيَّةُ قَالُوْا : اَلْجَمَاعَةُ فِيْهَا مَنْدُوْبَةٌ. وَالْحَنَفِيَّةُ قَالُوْا : اَلْجَمَاعَةُ فِيْهَا سُنَّةُ كِـفَايَةٍ لِأَهْلِ الْحَيِّ, فَلَوْ قَامَ بَعْضُهُمْ سَقَطَ الطَّلَبُ عَنِ الْبَاقِيْنَ.

Shalat tarawih juga masih diperdebatkan di kalangan ulama. Kondisi ini sebaiknya tidak sampai menimbulkan pertengkaran antar sesama saudara muslim. Menurut kami, selaku pengikut madzhab Syafi’i, dan bahkan dalam madzhab ahlussunnah wal jamaah, shalat tarawih adalah dua puluh rakaat. Shalat tarawih hukumnya sunnah ‘ain yang muakkad bagi kaum lelaki dan perempuan, menurut pendapat ulama Hanafiyyah, Syafi’iyyah, Hanabilah dan Malikiyyah. Shalat tarawih Sunnah a’in dilakukan secara berjamaah, menurut ulama Syafi’iyyah dan Hanabilah. Ulama Malikiyyah memandangnya mandub (dianjurkan) dilakukan secara berjamaah. Sementara ulama Hanafiyyahmemandang tarawih secara berjamaah sebagai sunnah kifayah bagi penduduk kampung. Jika sebagian penduduk sudah ada yang melakukannya, maka yang selebihnya gugur kesunnahan berjamaah.

وَقَدْ أَثْبَتَ سُنِّيَّتَهَا الْأَئِمَّةُ بِفِعْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. فَقَدْ رَوَى الشَّيْخَانِ , وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ, أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ  خَرَجَ لَيْلَةً مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ فَصَلَّى فِي الْمَسْجِدِ وَصَلَّى رِجَالٌ بِصَلَاتِهِ فَأَصْبَحَ النَّاسُ فَتَحَدَّثُوْا فَاجْتَمَعَ أَكْثَرُ مِنْهُمْ فَصَلَّى فَصَلَّوْا مَعَهُ فَأَصْبَحَ النَّاسُ فَتَحَدَّثُوْا فَكَثُرَ أَهْلُ الْمَسْجِدِ مِنَ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ فَخَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَلَّى فَصَلَّوْا بِصَلَاتِهِ فَلَمَّا كَانَتِ اللَّيْلَةُ الرَّابِعَةُ عَجَزَ الْمَسْجِدُ عَنْ أَهْلِهِ حَتَّى خَرَجَ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ فَلَمَّا قَضَى الْفَجْرَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَتَشَهَّدَ ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّهُ لَمْ يَخْفَ عَلَيَّ مَكَانُكُمْ وَلَكِنِّيْ خَشِيْتُ أَنْ تُفْتَرَضَ عَلَيْكُمْ فَتَعْجِزُوْا عَنْهَا


Kesunnahan shalat tarawih ditetapkan oleh para imam madzhab berdasarkan perbuatan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadits, lafazhnya lil Bukhari,
bahwasanya  Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar pada waktu tengah malam, lalu beliau shalat di masjid. Lalu shalatlah beberapa orang bersama beliau. Di pagi hari, orang-orang memperbincangkannya. Maka berkumpullah kebanyakan dari mereka. Ketika Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat di malam kedua, mereka pun shalat bersama beliau. Di pagi hari berikutnya, orang-orang memperbincangkannya kembali. Di malam ketiga, jumlah jama’ah yang ada di masjid bertambah banyak. Lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar dan melaksanakan shalatnya. Pada malam keempat, masjid tidak mampu lagi menampung jama’ahnya, dan beliau tidak keluar melaksanakan shalat malam sebagaimana sebelumnya kecuali beliau hanya melaksanakan shalat shubuh. Ketika telah selesai melaksanakan shalat Shubuh, beliau menghadap kepada jama’ah kaum muslimin, kemudian membaca syahadat, dan bersabda : Amma ba’du, sesungguhnya keadaan kalian tidaklah samar bagiku di malam tersebut akan tetapi aku merasa khawatir (ibadah ini) akan diwajibkan kepada kalian, lalu kalian tidak sanggup melakukannya.

وَمِنْ هَذَا يَتَبَيَّنُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَنَّ لَهُمُ التَّرَاوِيْحَ وَالْجَمَاعَةَ فِيْهَا, كَمَا جَرَى عَلَيْهِ الْعَمَلُ مِنْ عَهْدِ الصَّحَابَةِ وَمَنْ بَعْدَهُمْ اِلَى الْآنَ. وَ لَمْ يَخْرُجْ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِلَيْهِمْ خَشْـيَةَ  أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْهِمْ كَمَا صَرَّحَ بِهِ فِيْ بَعْضِ الرِّوَايَاتِ.

Dari sini jelaslah bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam   mensunnahkan mereka melakukan shalat tarawih dan dilakukan secara berjamaah, sebagaimana yang sudah berjalan sejak jaman sahabat dan jaman sesudahnya sampai sekarang. Sementara tidak keluarnya beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam   kepada mereka (pada selain tiga malam tersebut) disebabkan khawatir kalau-kalau shalat tersebut nantinya diwajibkan kepada mereka, sebagaimana yang dijelaskan pada sebagian riwayat.

وَقَدْ بَيَّن  فِعْلُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ عَدَدَهَا عِشْرُوْنَ, حَيْثُ إِنَّهُ جَمَعَ النَّاسَ أَخِيْرًا عَلَى هَذَا الْعَدَدِ فِي الْمَسْجِدِ, وَوَافَقَهُ الصَّحَابَةُ عَلَى ذَلِكَ, وَلَمْ يُوْجَدْ مُخَالِفٌ مِمَّنْ بَعْدَهُمْ مِنَ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ ( وَاسْتَمَرُّوا يُصَلُّوْنَهَا جَمَاعَةً عِشْرِيْنَ رَكْعَةً). وَقَدْ قَالَ النَّبيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ. عَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ. (رَوَاهُ  أَبُوْ دَاوُدَ)

Dan lagi, tindakan Umar bin Khatthab radhiallaahu ‘anhu benar-benar menjadi penjelas bahwa jumlah rakaat tarawih adalah dupuluh rakaat, dimana pada akhir masa pemerintahannya, Umar mengorganisir orang-orang untuk melakukan shalat tarawih duapuluh rekaat di masjid. Para sahabat pun menyetujui tindakan Umar tersebut dan tidak ada seorang pun dari khulafaur-rasyidin yang datang sesudahnya yang menentang atau memprotes tindakannya. Mereka pun meneruskan shalat tarawih secara berjamaah sebanyak duapuluh rakaat.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
          : “Kalian harus berpegangan pada sunnah (tradisi)-ku dan sunnah (tradisi) khulafaur-rasyidin yang memperoleh petunjuk.                    sunnah tersebut dengan gigi gerahammu” (HR Abu Dawud).

وَقَدْ سُئِلَ أَبُوْ حَنِيْفَةَ عَمَّا فَعَلَهُ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, فَقَالَ : اَلتَّرَاوِيْحُ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ وَلَمْ يَتَخَرَّجْهُ عُمَرُ مِنْ تِلْقَاءِ نَفْسِهِ, وَلَمْ يَكُنْ فِيْهِ مُبْتَدِعًا, وَلَمْ يَأْمُرْ بِهِ إِلَّا عَنْ أَصْلٍ لَدَيْهِ وَعَهْدٍ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Abu Hanifah pernah ditanya seseorang tentang tindakan yang dilakukan oleh Umar bin Khatthab radhiyallaahu ‘anhu. Jawabnya : “Shalat tarawih itu sunnah muakkad. Umar tidak melakukan tindakan seperti itu sekedar menuruti hawa nafsunya dan juga tidak berarti bahwa ia melakukan perbuatan bid’ah. Perintah Umar tersebut semata-mata atas dasar / dalil yang ada pada dirinya dan berdasarkan kenyataan yang terjadi pada masa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam.

نَعَمْ, زِيْدَ فِيْهَا فِيْ عَهْدِ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ  الْعَزِيْزِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ( وَهُوَ اِذْ ذَاكَ عَلَى الْمَدِيْنَةِ) فَجُعِلَتْ سِتًّا وَثَلَاثِيْنَ رَكْعَةً, وَلَكِنْ كَانَ الْقَصْدُ مِنْ هَذِهِ الزِّيَادَةِ مُسَاوَاةَ أَهْلِ مَكَّةَ فِي الْفَضْلِ, لِأَنَّهُمْ كَانُوْا يَطُوْفُوْنَ بِالْبَيْتِ بَعْدَ كُلِّ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ (أَيْ بَعْدَ كُلِّ تَسْلِيْمَتَيْنِ لِمَا يَأْتِيْ) , فَرَأَى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنْ يُصلِّيَ  ( وَهُوَ حِيْنَئِذٍ يَؤُمُّ النَّاسَ )  بَدَلَ كُلِّ طَوَافٍ  أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ (أَيْ بِتسْلِيْمَتَيْنِ).
فَالتَّرَاوِيْحُ إِذًا, عِشْرُوْنَ رَكْعَةً عِنْدَ الْجَمِيْعِ سِوَى الْوِتْرِ.  اَلْمَالِكِيَّةُ قَالُوْا : عَدَدُ التَّرَاوِيْحِ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً سِوَى  الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ عَلَى حَسَبِ اصْطِلَاحِهمْ.(عَنِ الْفِقْهِ عَلَى الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ)

Memang benar, bahwa pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz radhiyallaahu ‘anhu, yang saat itu ia menjadi gubernur Dinasti Umaiyah di Madinah, ada tambahan jumlah rekaat tarawih. Shalat tarawih tidak sekedar dua puluh rekaat, tetapi dijadikan tiga puluh enam rakaat. Maksud dan tujuannya adalah agar penduduk Madinah dapat menyamai keutamaan penduduk Makkah, disebabkan mereka melakukan thawaf setiap memperoleh empat rakaat tarawih (artinya setelah tiap-tiap dua kali salam). Umar bin Abdul Aziz – yang pada saat itu menjadi imam tarawih – berpendapat untuk menambah empat rakaat (dua kali salam) sebagai ganti dari setiap thawaf.

Dengan demikian, jumlah rakaat shalat tarawih adalah duapuluh rekaat menurut seluruh Imam Madzhab, selain rakaat shalat witir.  Ulama Malikiyyah mengatakan, jumlah shalat tarawih duapuluh rakaat selain rekaat genap dan ganjil (witir), menurut istilah mereka. (Sumber : kitab Al-Fiqhu ‘alal madzahibil arba’ah).

لَكِنْ … هُنَاكَ مَنْ يَقُوْلُ : إِنَّ التَّرَاوِيْحَ ثَمَانُ رَكَعَاتٍ مُسْتَنِدًا اِلَى حَدِيْثِ عَائِشَةَ رَضِي اللهُ عَنْهَا, قَالَتْ : مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا فِيْ غَيْرِهِ عَلَى اِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً, يُصَلِّيْ أَرْبَعًا (أَيْ بِتَسْلِيْمَتَيْنِ فِيْمَا يَظْهَرُ لِمَا يَأْتِيْ), فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ. ثُمَّ يُصَلِّيْ أَرْبَعًا (أَيْ بِتَسْلِيْمَتَيْنِ كَذَلِكَ), فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَ طُوْلِهَنَّ. ثُمَّ يُصَلِّيْ ثَلَاثًا.  قَالَتْ عَائِشَةً : يَا رَسُوْلَ اللهِ : أَتَنَامُ قَبْلَ اَنْ تُوْتِرَ ؟. قَالَ : يَا عَائِشَةُ, إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا يَنَامُ قَلْبِيْ. (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)

Namun di sana ada orang yang mengatakan, bahwa shalat tarawih itu delapan rakaat, berdasarkan hadis ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anhaa , yang menyatakan:
          Artinya : “Adalah Rasulullah saw, baik di bulan ramadhan maupun diluar bulan ramadhan, tidak melakukan shalat (malam) melebihi sebelas rakaat. Beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat empat rakaat (dengan dua kali salam, seperti penjelasan di belakang nanti). Maka jangan tanya tentang bagusnya dan panjang/lamanya shalat beliau. Lalu shalat lagi empat rakaat (dua kali salam), dan jangan tanya pula tentang bagus dan lamanya shalat beliau. Selanjutnya beliau shalat tiga rakaat”. ‘Aisyah bertanya kepada beliau, “Ya Rasulallah! Apakah engkau tidur sebelum melakukan shalat witir itu?”. Jawab beliau : “Kedua mataku memang tidur, tetapi hatiku tidak tidur”. (Muttafaq ‘alaih).

لَكِنْ هَذَا الْاِسْتِنَادُ عِنْدِيْ لَا يَصِحُّ, لِأَنَّ مَوْضُوْعَ الْحَدِيْثِ هُنَا فِيْمَا يَظْهَرُ هُوَ صَلَاةُ الْوِتْرِ. وَمَعْلُوْمٌ عِنْدَنَا, أَنَّ الْوِتْرَ أَقَلُّهُ رَكْعَةٌ وَ أَكْثَرُهُ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً. فَهُوَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا كَانَ  إِذْ ذَاكَ يُصَلِّيْ بَعْدَ النَّوْمِ أَرْبَعًا بِتَسْلِيْمَتَيْنِ وِلَاءً, ثُمَّ أَرْبَعًا أُخْرَى بِتَسْلِيْمَتَيْنِ أَيْضًا وِلَاءً, ثُمَّ ثَلَاثًا بِتَسْلِيْمَتَيْنِ كَذَلِكَ.
وَيَدُلُّ عَلَى أَنَّهَا صَلَاةُ الْوِتْرِ :
أَوَّلًا,  قَوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا لَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَتَنَامُ قَبْلَ اَنْ تُوْتِرَ ؟.  فَإِنَّ صَلَاةَ التَّرَاوِيْحَ تُفْعَلُ بَعْدَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ وَ قَبْلَ النَّوْمِ.
ثَانِيًا, أَنَّ صَلَاةَ  التَّرَاوِيْحِ لَا تُوْجَدُ فِيْ غَيْرِ رَمَضَانَ.
وَهَكَـذَا, يَزُوْلُ بِذَلِكَ التَّعَارُضُ, وَيَتِمُّ الْجَمْعُ بَيْنَ الْأَدِلَّةِ.

Akan tetapi penggunaan hadis ‘Aisyah ra tersebut sebagai dasar shalat tarawih delapan rakaat, menurut saya tidak benar, karena tema hadis tersebut secara tekstual dan nyata adalah berbicara soal shalat witir. Sudah kita maklumi, bahwa jumlah rekaat shalat witir paling sedikit satu rakaat dan paling banyak sebelas rekaat. Sementara itu, beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika itu melakukannya setelah tidur sebanyak empat rekaat yang dilakukan dengan dua kali salam secara bersambung, lalu shalat lagi empat rakaat dengan dua kali salam secara bersambung. Selanjutnya shalat tiga rakaat dengan dua kali salam seperti itu.

Argumentasi yang menunjukkan bahwa  shalat yang beliau lakukan tersebut merupakan shalat witir, adalah :
    1) Pertanyaan ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anhaa : “Ya Rasulallah! Apakah engkau tidur sebelum melakukan shalat witir ?”. Sementara itu, yang namanya shalat tarawih adalah dilakukan setelah shalat Isya’ dan sebelum tidur.
    2) Shalat tarawih tidak akan ditemui diluar bulan Ramadhan.
Dengan begitu, maka tidak ada kontradiksi/pertentangan dan dapat dikompromikan diantara beberapa dalil yang ada.


وَقَالَ الْعَلَّامَةُ الْقَسْطَلَّانِيُّ فِيْ إِرْشَادِ السَّارِي لِشَرْحِ صَحِيْحِ الْبُخَارِيِّ : وَالْمَعْرُوْفُ وَهُوَ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْجُمْهُوْرُ أَنَّهُ (أَيْ عَدَدَ رَكَعَاتِ التَّرَاوِيْحِ) عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ, وَذَلِكَ خَمْسُ تَرْوِيْحَاتٍ, كُلُّ  تَرْوِيْحَةٍ اَرْبَعُ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيْمَتَيْنِ غَيْرَ الْوِتْرِ, وَ هُوَ ثَلَاثٌ رَكَعَاتٍ.

Al-Qastholani didalam kitab Irsyadus-Sari Lisyarhi Shahih al-Bukhari mengatakan : “Yang kita ketahui dari pendapat jumhurul ulama` (mayoritas ulama`), bahwa jumlah rakaat tarawih itu duapuluh rakaat dengan sepuluh kali salam, dan ini dilakukan lima kali istirahat, yakni setiap empat rakaat sekali istirahat, selain shalat witir tiga rakaat.

وَفِيْ سُنَنِ الْبَيْهَقِيِّ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ كَمَا قَالَ ابْنُ الْعِرَاقِيِّ فِيْ شَرْحِ التَّقْرِيْبِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, قَالَ : كَانُوْا يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً.

Disebutkan didalam Sunan Al Baihaqi dengan sanad shahih, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu al-‘Iraqi didalam kitab Syarah Taqrib, sebuah riwayat dari As-Saib bin Yazid radhiyallaahu ‘anhu . Kata dia :
          Artinya : “Mereka melakukan shalat tarawih di bulan Ramadhan pada masa khalifah Umar bin Khatthab radhiyallaahu ‘anhu sebanyak duapuluh rakaat”.
 
وَرَوَى مَالِكٌ فِي الْمُوَطَّأِ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ رُوْمَانَ, قَالَ : كَانَ النَّاسُ يَقُوْمُوْنَ فِيْ زَمَنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ بِثَلَاثٍ وَ عِشْرِيْنَ.

Imam Malik meriwayatkan didalam kitab Al-Muwattha`, dari Yazid bin Rauman.  Kata dia :
          Artinya : “Orang-orang pada masa khalifah Umar bin Khatthab ra melakukan shalat (tarawih dan witir) duapuluh tiga rakaat

وَجَمَعَ الْبَيْهَقِيُّ بَيْنَهُمَا بِأَنَّهُمْ كَانُوْا يُوْتِرُوْنَ بِثَلَاثٍ. وَقَدْ عَدُّوْا مَا وَقَعَ فِيْ زَمَنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كَالْإِجْمَاعِ.

Imam al-Baihaqi mencoba mengkompromikan kedua riwayat di atas, bahwa mereka melakukan (tarawih 20 rakaat dan) shalat witir tiga rakaat. Dan mereka memandang bahwa apa yang terjadi pada masa khalifah Umar bin Khatthab tersebut adalah semacam ijma’.

وَاعْلَم , أَنَّ صَلَاةَ التَّرَاوِيْحِ مَثْنىَ مَثْنىَ فِيْ مَذْهَبِ أَهْلِ السُّنَّةِ وَ الْجَمَاعَةِ.
وَالشَّافِعِيَّةُ قَالُوْا : يَجِبُ اَنْ يُسَلِّمَ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ, فَإِذَا صَلَّاهَا بِسَلَامٍ وَاحِدٍ لَمْ تَصِحَّ.

Perlu diketahui, bahwa shalat tarawih dikerjakan dua rakaat dua rakaat dalam pandangan madzhab Ahlussunnah wal 
 Jama’ah
. Ulama Syafi’iyyah berpendapat, wajib salam setiap dua rakaat. Jika shalat tarawih  dilakukan sekaligus duapuluh rakaat dengan sekali salam, maka tidak sah.

وَالْحَنَفِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ قَالُوْا : يُنْدَبُ اَنْ يُسَلِّمَ فِيْ آخِرِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ. فَلَوْ فَعَلَهَا بِسَلَامٍ وَاحِدٍ وَ قَعَدَ عَلَى رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ صَحَّتْ مَعَ الْكَرَاهَةِ.

Ulama Hanafiyah, Malikiyah dan Hanabilah berpendapat, sunnah mengucapkan salam pada setiap akhir dua rakaat. Kalaupun shalat tarawih (20 rakaat) tersebut dilakukan sekaligus dengan sekali salam, dan duduk (membaca tasyahhud) setiap dapat dua rakaat, shalatnya tetap sah, namun makruh.

أَمَّا إِذَا لَمْ يَقْعُدْ عَلَى رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَفِيْهِ اخْتِلَافُ الْمَذَاهِبِ :
 - أَمَّا الشَّافِعِيَّةُ فَقَالُوْا : يَجِبُ اَنْ يُسلِّمَ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ. فَإِذَا صَلَّاهَا بِسَلَامٍ وَاحِدٍ لَمْ تَصِحَّ, قَعَدَ اَمْ لَمْ يَقْعُدْ عَلَى رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ. 

Jika tidak duduk tasyahud setiap dapat dua rakaat, hal ini diperselisihkan di kalangan ulama madzhab :
    a. Menurut ulama’ Syafi’iyyah: Wajib salam setiap dapat dua rakaat. Jika shalat tarawih (20 rakaat) dengan sekali salam, maka tidak sah, baik dilakukan dengan cara duduk tasyahud setiap mendapat dua rakaat, maupun tidak,


- وَأَمَّا الْحَنَفِيَّةُ فَقَالُوْا : إِذَا صَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ بِسَلَامٍ وَاحِدٍ نَابَتْ عَنْ رَكْعَتَيْنِ اِتِّفَاقًا. وَاِذَا صَلَّى أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعٍ بِسَلَامٍ وَاحِدٍ اِخْتَلَفَ التَّصْحِيْحُ فِيْهِ. فَقِيْلَ يَنُوْبُ عَنْ شَفْعٍ مِنَ التَّرَاوِيْحِ, وَقِيْلَ يَفْسُدُ.

    b. Menurut ulama Hanafiyyah : Jika shalat tarawih empat rakaat sekali salam, secara ittafaq (kesepakatan di kalangan ulama) dianggap dua rakaat. Dan jika lebih dari empat rakaat dengan sekali salam, maka masih diperselisihkan sah-tidaknya, ada yang menganggapnya sebagai ganti dari rakaat genap tarawih, dan ada yang mengatakan tidak sah.

-  وَأَمَّا الْحَنَابِلَةُ فَقَالُوْا : تَصِحُّ مَعَ الْكَرَاهَةِ وَتُحْسَبُ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً.

    c. Menurut ulama’ Hanabilah : Shalatnya sah, tetapi makruh, dan tetap dihitung duapuluh rakaat.

- وَأَمَّا الْمَالِكِيَّةُ فَقَالُوْا : تَصِحُّ وَ تُحْسَبُ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً, وَيَكُوْنُ تَارِكًا لِسُنَّةِ التَّشَهُّدِ وَلِسُنَّةِ السَّلَامِ فِيْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ, وَذَلِكَ مَكْرُوْهٌ.

    d. Menurut ulama’ Malikiyah : Shalatnya sah dan tetap dihitung 20 rakaat, namun meninggalkan kesunnahan membaca tasyahhud dan salam pada setiap mendapat dua rekaat. Shalat semacam ini makruh hukumnya.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلًّمَ : صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى,  فَإِذَا خَشِيَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوْتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى. (رَوَاه الْبُخَارِيُّ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ).

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
        Artinya : “Shalat sunnah malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika seseorang diantara kalian khawatir masuk waktu subuh, hendaklah shalat satu rakaat witir sebagai pengganjil shalat yang dilakukan sebelumnya)”. (HR al-Bukhari, dari Abdullah bin Umar)

Wallaahu A’lamu Bishshowaab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar