Tarhim PCNU Kabupaten Pekalongan di
Siwalan
Malam Ahad 18 Ramadhan 1436 H / 4 Juli 2015
Malam Ahad 18 Ramadhan 1436 H / 4 Juli 2015
I. NUZULUL QURAN
Ada perbedaan dikalangan Ulama mengenai tanggal berapa Al Quran diturunkan. Ada yang berpendapat Al Quran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan, ada pula yang mengatakan pada tanggal 24 Ramadhan.
Ada perbedaan dikalangan Ulama mengenai tanggal berapa Al Quran diturunkan. Ada yang berpendapat Al Quran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan, ada pula yang mengatakan pada tanggal 24 Ramadhan.
Pendapat Pertama:
Ulama yang berpendapat
bahwa Al-Quran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan adalah berdasarkan QS 8
(Al-Anfal) :41
….وَمَا
أَنزَلْنَا عَلَى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ……
“….. yang kami
turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) dihari Furqaan, yaitu
dihari bertemunya
dua pasukan…”.
Keterangan:
Furqaan ialah pemisah antara yang haq dan yang batil. Yang dimaksud dengan hari Al-Furqaan ialah hari jelasnya kemenangan orang Islam dan kekalahan orang kafir, yaitu hari bertemunya dua pasukan di peperangan Badar, pada hari Jumat tanggal 17 Ramadhan tahun kedua Hijrah.
Furqaan ialah pemisah antara yang haq dan yang batil. Yang dimaksud dengan hari Al-Furqaan ialah hari jelasnya kemenangan orang Islam dan kekalahan orang kafir, yaitu hari bertemunya dua pasukan di peperangan Badar, pada hari Jumat tanggal 17 Ramadhan tahun kedua Hijrah.
Sebagian Mufassirin
berpendapat bahwa ayat ini mengisyaratkan pada hari permulaan turunnya al
Quranul Kariem pada malam 17 Ramadhan.
(Al-Quran dan
Terjemahannya, Kemenag RI halaman 267)
Dalam kitab Al Bidayah wa An Nihayah, lil Hafizh
Ibn Katsier, juz 3 halaman 11:
وَرَوَى الْوَاقِدِيُّ بِسَنَدِهِ عَنْ أَبِيْ جَعْفَرٍ اَلْبَاقِرِ أَنَّهُ
قَالَ: كَانَ ابْتِدَاءُ الْوَحْيِ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ، لِسَبْعَ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ
رَمَضَانَ وَقِيْلَ
فِي الرَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ مِنْهُ
“…..dari Abi Ja'far al Baqir, beliau
berkata: “Adalah permulaan wahyu kepada Rasulullah –shallaahu ‘alaihi
wasallam- pada hari Senin 17 Ramadhan,
WA QIILA 24 Ramadhan .”
Pendpat Kedua:
Ulama yang berpendapat bahwa Al-Quran diturunkan pada tanggal 24
Ramadhan adalah berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam
Kitab Musnadnya juz 28 halaman 191 hadits nomor 16984:
حَدَّثَنَا أَبُوْ سَعِيْدٍ
مَوْلَى بَنِيْ هَاشِمٍ حَدَّثَنَا عِمْرَانُ أَبُو الْعَوَّامِ عَنْ قَتَادَةَ
عَنْ أَبِي الْمَلِيْحِ عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُنْزِلَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ
السَّلَامُ فِيْ أَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ وَأُنْزِلَتْ التَّوْرَاةُ
لِسِتٍّ مَضَيْنَ مِنْ رَمَضَانَ وَالْإِنْجِيْلُ لِثَلَاثَ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ
رَمَضَانَ وَأُنْزِلَ الْفُرْقَانُ لِأَرْبَعٍ وَعِشْرِيْنَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ
”……dari Watsilan ibn Al Asqa’, sesungguhnya Rasulullah –shallallaahu ‘alaihi wasallam- bersabda: “Shuhuf Ibrahim diturunkan pada awal malam Ramadhan. Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan. Injil pada 13 Ramadhan. Allah menurunkan Al-Quran pada 24 Ramadhan.”
Kaifiyyah Menurunkan Quran
Dalam Kitab Al Mustadrak , lil imam Al Haakim, juz 8 halaman 34, hadits nomor 3347:
أَخْبَرَنَا أَبُو الْفَضْلِ الْحَسَنِ
بْنُ يَعْقُوْبَ بْنِ يُوْسُفَ الْعَدْلُ ، أَنْبَأَ يَحْيَى بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ
، ثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَطَاءٍ ، أَنْبَأَ دَاوُدُ بْنُ أَبِيْ هِنْدٍ ،
عَنْ عِكْرِمَةَ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : « نُزِّلَ
الْقُرْآنُ جُمْلَةً إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا ، ثُمَّ نُزِّلَ بَعْدَ ذَلِكَ فِيْ
عِشْرِيْنَ سَنَةً
“...dari shahabat Ibn Abbas radhiyallaahu ‘anhumaa,
berkata: “Al Quran diturunkan secara keseluruhan ke langit dunia. Kemudian
setelah itu diturunkan (berangsur-angsur) dalam masa 20 tahun”
Keutamaan Belajar, Mengajar dan Membaca Al Quran
Dalam Kitab Shahih Bukhari juz 12 halaman 479 hadits nomor 5027:
Dalam Kitab Shahih Bukhari juz 12 halaman 479 hadits nomor 5027:
حَدَّثَنَا
حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِيْ عَلْقَمَةُ بْنُ
مَرْثَدٍ سَمِعْتُ سَعْدَ بْنَ عُبَيْدَةَ عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
السُّلَمِيِّ عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
.....dari
Utsman radhiyallaahu ‘anhu, dai Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau
bersabda:
“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya”
“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya”
Dalam Kitab Shahih Muslim juz 4 halaman
219, hadits nomor 1329:
حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ الْغُبَرِيُّ جَمِيْعًا عَنْ
أَبِيْ عَوَانَةَ قَالَ ابْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ عَوَانَةَ عَنْ
قَتَادَةَ عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَاهِرُ
بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِيْ يَقْرَأُ
الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيْهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ
“Yang membaca
Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia.
Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan
mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.”
Melagukan
Al Quran
Dalam Kitab Sunan Abu Dawud juz 2 halaman 594 hadits nomor 1468:
Dalam Kitab Sunan Abu Dawud juz 2 halaman 594 hadits nomor 1468:
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ،
حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ طَلْحَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ
عَوْسَجَةَ عَنِ الْبَرَاءِ
بْنِ عَازِبٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : "زَيِّنُوْا
الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ"
“.....dari
Al Baraa` bin Azaib, berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasalam bersabda:
“Perindahlah Al Qur'an dengan suara kalian."
Dalam Kitab Shahih Bukhari juz 18 halaman 579 hadits nomor 7527:
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ حَدَّثَنَا أَبُوْ
عَاصِمٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ شِهَابٍ عَنْ أَبِيْ
سَلَمَةَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ وَزَادَ
غَيْرُهُ يَجْهَرُ بِهِ
Telah menceritakan kepada kami Ishaq telah
menceritakan kepada kami Abu ‘Ashim telah
mengabarkan kepada kami Ibn Juraij Telah
mengabarkan kepada kami Ibn Syihab dari Abu Salamahdari Abu Hurairah berkata, Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda: “Bukan termasuk golongan kami orang yang tidak
melagukan Al Qur’an, sementara yang lain menambahkan, ‘dan mengeraskannya”
Imam Nawawi
menjelaskan dalam kitab Attibyaan fi aadaab hamalatil Quraan halaman 110:
قَالَ جُمْهُوْرُ الْعُلمَاءِ مَعْنَى لَمْ يَتَغَنَّ لَمْ يُحَسِّنْ صَوْتَهُ
Juhmhur Ulama berkata: “Makna LAM YATAGHANNA ialah tidak memperindah suaranya
قَالَ جُمْهُوْرُ الْعُلمَاءِ مَعْنَى لَمْ يَتَغَنَّ لَمْ يُحَسِّنْ صَوْتَهُ
Juhmhur Ulama berkata: “Makna LAM YATAGHANNA ialah tidak memperindah suaranya
Melagukan
Al Quran dengan Langgam Jawa:
Dalam Kitab Al
Mu’jamul Ausath , liththabarani, juz 16 halaman 6 hadits nomor 7430:
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ جَابَانَ ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مِهْرَانَ الْجَمَّالِ ، نا بَقِيَّةُ
بْنُ الْوَلِيْدِ ، عَنْ حُصيْنِ بْنِ مَالِكٍ الْفَزَارِيِّ قَالَ : سَمِعْتُ شَيْخًا
وَكَانَ قَدِيْمًا يُكْنَى بِأَبِيْ مُحَمَّدٍ ، يُحَدِّثُ عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ
الْيَمَانِ قَالَ : اقْرَءُوا الْقُرْآنَ بِلُحُوْنِ الْعَرَبِ وأَصْوَاتِها،
وَإِيَّاكُمْ وَلُحُوْنَ أَهْلِ الْكِتَابَيْنِ، وَأَهْلِ الْفسقِ، فَإِنَّهُ
سَيَجِيْءُ بَعْدِيْ قَوْمٌ يُرَجِّعُونَ بِالْقُرْآنِ تَرْجِيْعَ الْغِنَاءِ
وَالرَّهْبَانِيَّةِ وَالنَّوْحِ، لَايُجَاوِزُ
حَنَاجِرَهُمْ، مَفْتُوْنَةٌ قُلُوْبُهُمْ،
وَقُلُوْبُ مَنْ يُعْجِبُهُمْ شَأْنُهُمْ
Bacalah
Al-Qur`an dengan dialek dan suara orang Arab. Hindarilah nada yang biasa digunakan oleh Ahlul Kitab (Yahudi
dan Nasrani) dan orang-orang fasik. Sesungguhnya akan datang suatu saat,
setelah aku nanti, kaum yang melagukan bacaan Al-Qur`an seperti lagu, nyanyian
gereja dan tangisan sedih. Bacaan yang tidak sampai melebihi kerongkongan. Hati
mereka sakit terpedaya, sama halnya dengan hati mereka yang mengaguminya”
Catatan:
Al Hafizh Adzdzahabi menilai hadits diatas sbagaimana dalam kitab beliau Miizaanul I’tidaal juz 1 halaman 553:
(Baqiyyah menyendirinya darinya, tidak mu’tamad. Khabar tsb munkar) تَفَرَّدَ عَنْهُ بَقِيَّةُ، لَيْسَ بِمُعْتَمَدٍ. وَالْخَبَرُ مُنْكَرٌ
Al Hafizh Adzdzahabi menilai hadits diatas sbagaimana dalam kitab beliau Miizaanul I’tidaal juz 1 halaman 553:
(Baqiyyah menyendirinya darinya, tidak mu’tamad. Khabar tsb munkar) تَفَرَّدَ عَنْهُ بَقِيَّةُ، لَيْسَ بِمُعْتَمَدٍ. وَالْخَبَرُ مُنْكَرٌ
II.
LAILATUL QODAR
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا
بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
(5)
Dalam kitab
Hasyiyah Shaawi ‘alal Jalaalain juz 4 halaman 337:
فَعَنْ
أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِيِّ إِنْ كَانَ أَوَّلُهُ الْأَحَدَ فَلَيْلَةُ تِسْعٍ
وَعِشْرِيْنَ ، أَوِ الْإِثْنَيْنِ فَإِحْدَي وَعِشْرِيْنَ أَوِ الثُّلَاثَاءَ
فَسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ أَوِ الْأَرْبِعَاءَ فَتِسْعَةَ عَشَرَ أَوِ الْخَمِيْسَ
فَخَمْسٍ وَعِشْرِيْنَ أَوِ الْجُمُعَةَ فَسَبْعَةَ عَشَرَ أَوِالسَّبْتَ
فَثَلَاثٍ وَعِشْرِيْنَ
Dari Syekh
Abul Hasan Asysyadzili, jika awal Ramadhan hari Ahad maka lailatul qodar malam 29 Jika awal Ramadhan
hari Senin maka lailatul qodar malam 21
Jika awal Ramadhan hari Selasa maka lailatul qodar malam 27 Jika awal Ramadhan
hari Rabu maka lailatul qodar malam 19
Jika awal Ramadhan hari Kamis maka
lailatul qodar malam 25 Jika awal Ramadhan hari Jumat maka lailatul qadar malam 17 Jika awal Ramadhan
hari Sabtu maka lailatul qadar malam 23.
Dalam kitab shahih Ibn Khuzaimah juz 8 halaman 106:
حَدَّثَنَا
بُنْدَارٌ حَدَّثَنِيْ أَبُوْ عَامِرٍ حَدَّثَنَا زَمْعَةُ عَن سَلَمَةَ ـ هُوَ ابْنُ
وَهْرَامَ ـ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ : عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ : لَيْلَةٌ طَلْقَةٌ لَا حَارَّةٌ وَلَا
بَارِدةٌ تُصْبِحُ الشَّمْسُ يَوْمُهَا حَمْرَاءُ ضَعِيْفَةٌ.
"...dari Ibn Abbas, dari Nabi Shollallaahu 'alaihi
wasallam, tentang Lailatul Qadar :"Malam yang penuh kelembutan, cerah,
tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar
lemah dan nampak kemerah-merahan"
Wallaahu A’lamu Bishshowaab
Semoga bermanfaat
Pekalongan, Sabtu 17 Ramadhan 1436 / 4 Juli 2015
Semoga bermanfaat
Pekalongan, Sabtu 17 Ramadhan 1436 / 4 Juli 2015
masya Alloh bagus banget, bermanfaat
BalasHapus