PENGAJIAN KAUMAN KETINGAN
وَرَوَيْنَا فِيْ صَحِيْحَيْ إِمَامَيِ
الْمُحَدِّثِيْنَ : أَبِيْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ الْمُغِيْرةِ الْبُخَارِيِّ الْجُعْفِيِّ
مَوْلَاهُمْ ، وَأَبي الْحُسَيْنِ مُسْلِمِ بْنِ الْحَجَّاجِ بْنِ مُسْلِمٍ الْقُشَيْرِيِّ النَّيْسَابُوْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا
بِأَسَانِيْدِهِمَا ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، وَاسْمُهُ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ صَخْرٍ عَلَى الْأَصَحِّ مِنْ
نَحْوِ ثَلَاثِيْنَ قَوْلًا ، وَهُوَ أَكْثَرُ الصَّحَابَةِ حَدِيْثًا ، قَالَ :
قَالَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :
"كَلِمَتَانِ خَفِيْفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيْلَتَانِ فِي الْمِيْزَانِ
حَبِيْبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ : سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ
وَهَذَا الْحَدِيْثُ آخِرُ شَيْئٍ فِيْ صَحِيْحِ الْبُخَارِيِّ."
"كَلِمَتَانِ خَفِيْفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيْلَتَانِ فِي الْمِيْزَانِ
حَبِيْبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ : سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ
وَهَذَا الْحَدِيْثُ آخِرُ شَيْئٍ فِيْ صَحِيْحِ الْبُخَارِيِّ."
Sumber:
Al Adzkar halaman 11
Al Adzkar halaman 11
JAWABAN
Sholat Qobliyah Jumat
Sholat Qobliyah Jumat
Pertanyaan:
Qobliyah Jumat setelah khotib diatas mimbar, sedang kita harus mendengarkan khutbah
Qobliyah Jumat setelah khotib diatas mimbar, sedang kita harus mendengarkan khutbah
1. Hukum mendengarkan khutbah:
Sunnah
Keterangan dari:
a. kitab Bujairimi ‘alal Iqna juz 5 Halaman 378:
( وَيُسْتَحَبُّ ) لِكُلِّ سَامِعٍ لِلْخُطْبَةِ ( الْإِنْصَاتُ ) إلَى الْإِمَامِ ( فِي وَقْتِ ) قِرَاءَةِ ( الْخُطْبَةِ ) الْأُولَى وَالثَّانِيَةِ
Sunnah
Keterangan dari:
a. kitab Bujairimi ‘alal Iqna juz 5 Halaman 378:
( وَيُسْتَحَبُّ ) لِكُلِّ سَامِعٍ لِلْخُطْبَةِ ( الْإِنْصَاتُ ) إلَى الْإِمَامِ ( فِي وَقْتِ ) قِرَاءَةِ ( الْخُطْبَةِ ) الْأُولَى وَالثَّانِيَةِ
bagi orang yang mendengarkan khutbah disunnahkan inshot (memperhatikan
dengan tenang. Nelengaken. Jw) kepada imam (Khotib) disaat membaca khutbah
pertama dan khutbah kedua
b. Shahih Bukhari juz 2 halaman 34
nomor 934
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ
حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ
بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ
….
sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika engkau berkata pada sahabatmu
pada hari Jumat, ‘Diamlah, dan imam
sedang berkhutbah, berarti engkau telah berbuat sia-sia”
2. Sholat Qobliyah
Jumat & Sholat Tahiyyatal Masjid
a. Shahih Bukhari juz 2 halaman 344 nomor 931:
a. Shahih Bukhari juz 2 halaman 344 nomor 931:
بَاب مَنْ جَاءَ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ
صَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ
حَدَّثَنَا
عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَمْرٍو سَمِعَ
جَابِرًا قَالَ دَخَلَ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَقَالَ أَصَلَّيْتَ قَالَ لَا قَالَ قُمْ فَصَلِّ
رَكْعَتَيْنِ
….dari
'Amr bahwa dia telah mendengar Jabir berkata, "Pada hari Jum'at seorang
laki-laki datang ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sedang memberikan
khutbah. Beliau lalu bertanya: "Apakah kamu sudah shalat?" Orang itu
menjawab, "Belum." Maka beliau pun bersabda: "Bangun dan
shalatlah dua rakaat."
b. Fat_hul Wahhab juz 5 halaman 459
وَيُسْتَثْنَى
التَّحِيَّةُ لِدَاخِلِ الْمَسْجِدِ وَالْخَطِيبُ عَلَى الْمِنْبَرِ فَيُسَنُّ
لَهُ فِعْلُهَا وَتَخْفِيفُهَا وُجُوبًا هَذَا إنْ كَانَ صَلَّى سُنَّةَ
الْجُمُعَةِ وَإِلَّا صَلَّاهَا مُخَفَّفَةً وَحَصَلَتْ بِهَا التَّحِيَّةُ
Dikecualikan sholat tahiyyatal masjid
bagi orang yang masuk ke masjid sementara imam sedang berkhutbah maka orang
tersebut disunnahkan mengerjakannya akan tetapi wajib dipersingkat. Hal itu
jika memang dia sudah melakukan sholat sunnah qobliyah jumat, jika belum maka
dia kerjakan sholat qobliyah jumat dan otomatis hasil sholat tahayyatal masjid.
JAWABAN
Pertanyaan:
Apa sich hukum bertawasul?
Apa sich hukum bertawasul?
a.Pengertian Tawassul
dalam Kitab Al-Mausuu’ah Al Fiqhiyyah Al
Kuwaitiyyah 14/149
اَلتَّوَسُّلُ لُغَةً : اَلتَّقَرُّبُ . يُقَالُ : تَوَسَّلْتُ إِلَى اللهِ بِالْعَمَلِ : أَيْ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ
Makna tawassul menurut bahasa adalah taqarrub (mendekat). Dikatakan: Saya tawassul kepada Allah dengan amal, maksudnya aku mendekatkan diri kepadaNya (dengan amal perbuatan)
اَلتَّوَسُّلُ لُغَةً : اَلتَّقَرُّبُ . يُقَالُ : تَوَسَّلْتُ إِلَى اللهِ بِالْعَمَلِ : أَيْ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ
Makna tawassul menurut bahasa adalah taqarrub (mendekat). Dikatakan: Saya tawassul kepada Allah dengan amal, maksudnya aku mendekatkan diri kepadaNya (dengan amal perbuatan)
b. Hukum Bertawassul
Dalam Kitab Al-Mausuu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah 14/149 dijelaskan:
Dalam Kitab Al-Mausuu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah 14/149 dijelaskan:
ذَهَبَ
جُمْهُوْرُ الْفُقَهَاءِ ( اَلْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ وَمُتَأَخِّرُو الْحَنَفِيَّةِ
وَهُوَ الْمَذْهَبُ عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ ) إِلَى جَوَازِ هَذَا النَّوْعِ مِنَ
التَّوَسُّلِ سَوَاءٌ فِيْ حَيَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ
بَعْدَ وَفَاتِهِ
Mayoritas Ahli Fiqh (Syafi’iyyah, Malikiyyah, Hanafiyyah yang
akhir, dan Hanabilah) membolehkan tawassul macam ini (yaitu: berdoa dengan
semisal: ALLAAHUMMA AS`ALUKA BINABIYYIKA AU BIJAAHI NABIYYIKA….) , baik saat
Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam hidup
maupun sesudah beliau wafat
c.
Dalil Tawassul
Dalam Sunan Tirmidzi juz 13 halaman 124 nomor 3927:
Dalam Sunan Tirmidzi juz 13 halaman 124 nomor 3927:
حَدَّثَنَا
مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ
عَنْ أَبِى جَعْفَرٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ عُثْمَانَ
بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّ رَجُلاً ضَرِيرَ الْبَصَرِ أَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه
وسلم- فَقَالَ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يُعَافِيَنِى. قَالَ « إِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ
وَإِنْ شِئْتَ صَبَرْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ ». قَالَ فَادْعُهُ. قَالَ فَأَمَرَهُ
أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوءَهُ وَيَدْعُوَ بِهَذَا الدُّعَاءِ «
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ
نَبِىِّ الرَّحْمَةِ إِنِّى تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّى فِى حَاجَتِى هَذِهِ
لِتُقْضَى لِى اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِىَّ ». قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ
صَحِيحٌ غَرِيبٌ
Dari Utsman bin Hunaif: "Suatu hari seorang yang lemah dan buta datang kepada Rasulullah s.a.w. berkata: "Wahai Rasulullah, aku tidak mempunyai orang yang menuntunku dan aku merasa berat" Rasulullah berkata"Ambillah air wudlu, lalu beliau berwudlu dan sholat dua rakaat, dan berkata:"bacalah doa (artinya)" Ya Allah sesungguhnya aku memintaMu dan menghadap kepadaMu melalui nabiMu yang penuh kasih sayang, wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap kepadamu dan minta tuhanmu melaluimu agar dibukakan mataku, Ya Allah berilah ia syafaat untukku dan berilah aku syafaat". Utsman berkata:"Demi Allah kami belum lagi bubar dan belum juga lama pembicaraan kami, orang itu telah datang kembali dengan segar bugar”. Imam Tirmidzi berkata: Ini hadits hasan shahih gharib…”.
JAWABAN
Memakai Mukenah
Memakai Mukenah
Pertanyaan:
Bagaimana caranya memakai mukenah yang benar?
a.Dalam Kitab Syarah Safinah halaman 126
diterangkan:
(وَعَوْرَةُ الْحُرَّةِ فِي الصَّلَاةِ جَمِيْعُ بَدَنِهَا مَا سِوَى
الْوَجْهِ وَالْكَفَّيْنِ) أَيْ ظَهْرًا وَبَطْنًا إِلَى الْكُوْعَيْنِ فَلَا يَجِبُ
سَتْرُهُمَا وَدَخَلَ فِيْمَا سِوَاهُمَا اَلشَّعَرُ، وَكَذَا بَاطِنُ الْقَدَمِ فَيَجِبُ
سَتْرُهُ
Aurat
perempuan didalam sholat ialah seluruh badannya selain wajah dan kedua tapak tangan luar dan dalam, sampai
ke dua pergelangan, dua pergelangan tsb tidak wajib menutupnya. Masuk aurat
ialah rambut dan tapak kaki bagian dalam, maka wajib menutupnya.
b. Dalam Qurratul ‘Ain Bi Fatawa Syeikh
Ismail Zein halaman 59 disebutkan:
وَقَدْ وَقَعَ
كَثِيْرًا اِنْكِشَافُ مَا تَحْتَ الذَّقَنِ مِنْ بَدَنِ الْمَرْأَةِ حَالَ صَلَاتِهَا
وَطَوَافِهَا فَهَلْ تُعْذَرُ فِيْ ذَلِكَ لِكَوْنِهِ مِنْ أَسْفَلَ أَمْ يَضُرُّ
ذَلِكَ أَفْتُوْنَا رَحِمَكُمُ اللهُ فَالْمَسْأَلَةُ وَاقِعَةُ حَالٍ فَأَقُوْلُ
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ :اِنْكِشَافُ مَا تَحْتَ الذَّقَنِ مِنْ بَدَنِ الْمَرْأَةِ
فِيْ حَالِ الصَّلَاةِ وَالطَّوَافِ يَضُرُّ فَيَكُوْنُ مُبْطِلًا لِلصَّلَاةِ وَالطَّوَافِ
……terbukanya juz/bagian dibawah dagu dari badan perempuan ketika
sholat dan ketika thowaf membatalkan sholat dan thowaf.
c. Dalam Kitab Bughyatul Mustarsyidin
halaman 51 disebutkan:
قَالَ فِيْ
حَاشِيَةِ الْكُرْدِيِّ وَفِي الْإِمْدَادِ: وَيَتَرَدَّدُ النَّظَرُ فِيْ رُؤْيَةِ
ذِرَاعِ الْمَرْأَةِ مِنْ كُمِّهَا مَعَ إِرْسَالِ يَدِهَا، اِسْتَقْرَبَ فِي الْإِيْعَابِ
عَدَمَ الضَّرَرِ، بِخِلَافِ مَا لَوْ اِرْتَفَعَتِ الْيَدُ
….tidak apa-apa lengan terlihat dari lengan baju
ketika berdiri, berbeda terlihatnya ketika tangan tarangkat
e. Dalam Kitab
Subulussalam juz 1 halaman 132:
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "لَا يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةَ
حَائِضٍ إِلَّا بِخِمَارٍ ". هُوَ هُنَا مَا يُغَطَّى بِهِ الرَّأْسُ وَالْعُنُقُ
رَوَاهُ الْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيَّ وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ.
Dari Aisyah radhiyallaahu ‘anhaa, sesungguhnya Nabi
shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Allah tidak menerima shalat seorang wanita yang telah haidl, hingga ia
mengenakan khimaar”.
Khimaar ialah pakaian yang menutupi kepala dan leher. HR.Imam lima keculai Imam Nasa`I, di shahihkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah.
Khimaar ialah pakaian yang menutupi kepala dan leher. HR.Imam lima keculai Imam Nasa`I, di shahihkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah.
وَأَنَّهُ قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِذَا كَانَ الدِّرْعُ
سَابِغًا يُغَطِّيْ ظُهُوْرَ قَدَمَيْهَا"
“…dan
sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaii wasallam bersabda: (Boleh) kalau baju itu panjang hingga menutup luar
kedua tapak kakinya”
Wallaahu A'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar